Usb Flashdisk Ini Dapat Pribadi ‘Membunuh’ Laptop

USB Flashdisk yang selama ini dikenal sebagai media penyimpanan data, ternyata sanggup juga dikembangkan menjadi alat penghancur laptop atau komputer yang disambanginya. 

Mungkin kedengarannya ibarat cerita dalam film biro diam-diam yang memakai alat-alat kecil untuk mengancam data musuh, namun teknologi ini memang ada di dunia nyata, meskipun dikabarkan untuk ketika ini masih dalam tahap konsep pengembangan. 

Seperti dikutip dari laman Mashable, Selasa (20/10/2015), seorang peneliti keamanan asal Rusia yang memakai nama Dark Purple berhasil menciptakan sebuah flashdisk berjulukan USB Killer yang sanggup menghancurkan sebuah komputer atau laptop sekali colok.

Namun, jangan berharap sebuah ledakan yang didapat melainkan hanya sebuah keadaan mati total yang tampak dari sebuah laptop atau komputer yang dicolok flashdisk ini. 

Sebab, perangkat berjulukan USB Killer ini bisa menghancurkan dengan mengirimkan lonjakan listrik negatif sebesar 220 volts melalui USB port yang ada di komputer atau laptop sasaran.

Dengan tegangan listrik sebesar itu, cukup untuk aben komponen yang ada di dalam komputer atau laptop dan menyebabkannya kerusakan total. Dark Purple dalam laman blognya, mengklaim bahwa USB Killer sanggup menghancurkan hampir semua perangkat cukup lewat USB port.

Ini ialah kali kedua Dark Purple memperkenalkan USB Killer, sebelumnya ia sudah pernah mengatakan USB dengan kemampuan serupa di bulan Maret. Namun, di USB Killer versi pertama, listrik yang dikirimkan dari USB port memakai konverter DC-to-DC mencapai tegangan negatif 100 volts.

Dark Purple menambahkan bahwa sebuah laptop yang telah diserang memakai USB Killer ini sanggup dihidupkan kembali setelah motherboard-nya diganti, sebab ada kemungkinan kejutan listrik dari USB ini tidak mematikan seluruh komponen.

News Feed