Tugas Dokter Perusahaan

Dokter Perusahaan yaitu dokter yang menjadi karyawan di suatu perusahaan dengan kiprah utama mengelola  medical services (pelayanan kesehatan, perawatan kesehatan, benefit kesehatan) dan kesehatan kerja. 
Untuk itu penting bagi seorang dokter-dokter di perusahaan untuk mempunyai pengalaman baik di bidang pelayanan kesehatan (medical services) maupun di aspek kesehatan kerja (occupational Health). Adapun Tingkat Pendidikan yang Ideal untuk Dokter Perusahaan yaitu Magister Kedokteran Kerja atau Master of Occupational Health
Tugas Dokter Perusahaan
Adapun Job description  Dokter kesehatan kerja yaitu sebagai berikut  :

  1. Mengelola dan mengkoordinasikan pelayanan kesehatan kerja termasuk surveillance kesehatan.
  2. Memberikan pesan tersirat kepada pihak Manajemen perihal pengelolaan penyakit dan kecelakaan yang bekerjasama dengan kerja.
  3. Menetapkan layak kerja (fit to work) dan fit to the job sehubungan dengan pekerjaannya.
  4. Ikut serta dalam evaluasi risiko kesehatan baik bersifat fisik, kimia, biologi, ergonomi dan psikososial di kawasan kerja.
  5. Mengidentifikasi dan mencari kekerabatan antara kondisi kesehatan pekerja dan kondisi pekerjaannya yang ada di lapangan.
  6. Melakukan pemeriksaan terhadap banyak sekali kelainan kesehatan pada individu atau kelompok.
  7. Menetapkan taktik pencegahan serta promosi kesehatan di kawasan kerja.
  8. Menyebarkan gosip perihal kesehatan kerja kepada para pekerja dalam bahasa yang gampang di mengerti.
  9. Kerjasama dengan pimpinan, administrasi atau para petugas HSE lainnya.
  10. Memberikan gosip kepada administrasi perihal banyak sekali peraturan perundangan yang berlaku di Indonesia maupun skala internasional.
  11. Melakukan kegiatan rehabilitasi kesehatan dan penyalahgunaan NAPZA.
  12. Bersama HSE Melakukan Health Risk Assesment dan menunjukkan advice kepada administrasi perihal risiko kesehatan yang ada dalam lingkungan hidup disekitar perusahaan.
  13. Menentukan paket Medical Check Up sesuai dengan hasil HRA
  14. Supervisi perihal pelayanan kesehatan di perusahaan.
  15. Memberikan laporan secara terpola kepada pihak administrasi perihal pelayanan kesehatan kerja.
  16. Membantu Manajemen mempersiapkan data-data Tentang kesehatan Kerja jikalau diminta oleh Auditor Internal  maupun External (Disnakertrans, DNV-GL dll)
Demikian Tugas dokter Perusahaan terutama yang sudah berada di level manajemen. Tugas ini sanggup bertambah atau berkurang tergantung Jenis perusahaan dan Struktur Organisasi.

News Feed