Samsung Mulai Menciptakan Chip Untuk Amd?

SEOUL – Bukan belakang layar lagi bahwa bisnis mobile Samsung tak berjalan sebaik sebelumnya, sehingga perusahaan harus dibantu bisnis semiconductor. Untuk itu, produsen Korea Selatan ini disebut telah menjalin kerjasama dengan AMD.

Seperti diberitakan Ubergizmo , Rabu (23/12/2015), laporan terbaru menyebut Samsung telah mulai memproduksi chip untuk Advanced Micro Devices (AMD). AMD dikenal luas sebagai produsen chip termasuk CPU dan GPU yang dipakai di komputer pribadi serta konsol game besar, tetapi alasannya yakni tidak lagi mempunyai bisnis hebat, akan masuk logika bagi perusahaan untuk berafiliasi dengan Samsung untuk tujuan ini.

Electronic Times dari Korea melaporkan bahwa sesuai janji Samsung akan memproduksi CPU dan GPU chip berbasis 14 nm untuk AMD tahun depan. Saat ini, tanggung jawab manufaktur untuk AMD ditangani oleh GlobalFoundries yang sebelumnya milik AMD, tapi kini dimiliki oleh sebuah perusahaan yang berbasis di Abu Dhabi.

GlobalFoundries disebut akan membuatkan tanggung jawab produksi untuk “Greenland” GPU dan “Zen” CPU terbaru dengan Samsung pada 2016. Sayangnya, belum ada konfirmasi pribadi baik dari pihak Samsung maupun AMD mengenai kabar ini.
Jurnalis : Kustin Ayuwuragil Desmuflihah

News Feed