Rahasia Perawatan Lovebird Juara

Perawatan lovebird juara -Bicara mengenai perawatan lovebird rasanya seperti tak ada habisnya, sebab masing-masing lovebird mania tentu memiliki perawatan tersendiri bagi lovebird kesayangannya. Begitu pula dengan masing-masing burung lovebird tentu memiliki pola perawatan sendiri-sendiri tergantung dari karakter si burung pemakan bijian tersebut. Sehingga dalam pola rawatan antara burung yang satu dengan yang lainnya tentu tidak dapat disamaratakan.

 lovebird rasanya seperti tak ada habisnya Rahasia Perawatan Lovebird Juara

Setiap lovebird mania tentu menginginkan lovebird kesayangannya menjadi lovebird juara, tapi pada kenyataannya dari ratusan atau bahkan ribuan burung lovebird, hanya ada beberapa saja yang memiliki mental dan karakter juara. Misalkan anda memiliki 10 ekor lovebird yang anda berikan perawatan secara sama, tanpa pilih kasih dan membedakan antara yang satu dengan yang lainnya. Hasilnya dari 10 ekor lovebird tersebut pasti tidak akan bisa sama, ada yang bisa ngekek panjang, ada yang hanya ngekek pendek, ada yang fighter dan latah, dan ada yang tidak fighter sama sekali.

Dari contoh kasus diatas dapat kita simpulkan bahwa faktor keturunan, karakter, dan kemampuan lovebird juga sangat menentukan. Tapi tentu saja faktor perawatan juga tidak kalah penting dan menjadi salah satu faktor yang cukup menentukan dalam mencetak lovebird juara. Nah jika anda ingin memiliki lovebird juara, maka anda bisa menerapkan rahasia perawatan lovebird juara dibawah yang akan saya ulas secara lengkap dibawah ini:

Rahasia perawatan lovebird juara

Inti dari perawatan lovebird agar bisa moncer dan menjadi lovebird jawara adalah “Konsekuen”, artinya adalah anda harus melakukan perawatan yang sesuai dengan karakter lovebird secara rutin, tidak merubah-rubah pola rawatan, baik itu dalam hal mandi, penjemur, pemberian pakan, dan latihan. Jika lovebird sudah terbiasa mandi pagi setiap hari, maka lakukanlah perawatan tersebut secara rutin setiap harinya, jangan tiba-tiba merubah pola mandi yang tadinya pagi menjadi siang hari, atau sebaliknya.

BACA JUGA: Perawatan harian lovebird ngekek panjang

Perawatan harian lovebird juara

 lovebird rasanya seperti tak ada habisnya Rahasia Perawatan Lovebird Juara


1. Pengembunan sebagai rahasia perawatan lovebird juara

Untuk mencetak lovebird juara, perawatan pertama yang harus anda lakukan adalah dengan cara pengembunan. Keluarkan burung pada jam 05.00 atau jam 05.30 pagi, biarkan lovebird menghidrup udara segar pagi. Pengembunan ini berguna bagi kesehatan pernafasan lovebird dan membuat suara lovebird menjadi lebih keras dan ngeplong. Proses pengembunan ini bisa anda lakukan pada hari senin, selasa, rabu, dan kamis, atau pada saat lovebird belum masuk pada settingan menjelang lomba.

2. Perawatan mandi pagi

Pada jam 07.00 pagi, madikan lovebird dengan cara semprot halus sampai benar-benar basah kuyup. Mandi basah kuyup ini bertujuan agar lovebird menjadi lebih segar dan fit. Selain itu juga dapat memperpanjang durasi ngekek dan membuat lovebird menjadi lebih nagen atau anteng digantangan saat lomba. Setelah mandi sampai basah kuyup, lovebird jangan langsung dijemur, cukup diangin-anginkan saja selama kurang lebih 15 menit. Setelah bulu kering kemudian jemur sekitar 10 menit saja, Ingat..! Cukup 10 menir saja, jangan terlalu lama. Penjemuran dipagi hari secara singkat ini bertujuan agar lovebird mendapatkan vitamin C secara cukup, tidak berlebihan, sebab jika berlebihan justru dapat mengakibatkan lovebird menjadi over birahi. Selain untuk mendapatkan vitamin C, penjemuran dipagi hari juga bertujuan untuk membunuh bakteri yang menempel pada bulu burung.

3. Istirahat dan pemasteran

Setelah dijemur singkat, lovebird kemudian diletakkan ditempat yang tenang dan nyaman sambil diperdengarkan suara masteran. Boleh dikerodong, boleh tidak, tapi lebih baik jika dikerodong agar lovebird dapat beristirahat dengan nyaman dan lebih fokus dalam mendengarkan suara masteran.

4. Perawatan mandi siang

Pada siang harinya sekitar jam 12.00, lovebird kembali dimandikan sampai basah kuyup. Buka kerodong, biarkan sekitar 10 menit kemudian baru dimandikan, jangan langsung dimandikan begitu saja agar lovebird tidak kaget. Mandi siang ini bertujuan agar lovebird menjadi lebih segar dan birahinya lebih stabil. Setelah mandi angin-anginkan kembali sekitar 15 menit atau sampai bulu-bulunya kering. Setelah kering baru dikerodong lagi dan diletakkan ditempat yang tenang agar lovebird dapat istirahat dengan nyaman.

5. Perawatan mandi sore

Pada sore hari sekitar jam 17.00, lovebird kembali dikeluarkan dan dimandikan. Sama seperti mandi pagi dan mandi siang yaitu sampai basah kuyup kemudian diangin-anginkan, setelah bulunya kering kemudian dikerodong dan dimasukkan kedalam rumah.

6. Pemberian pakan

Untuk pemberian pakan harian lovebird juara cukup dengan milet putih saja, tidak usah ditambah dengan pakan yang neko-neko. Selain lebih simple dan irit, pemberian milet putih tidak akan beresiko burung menjadi ngelemak dan over birahi.

Perawatan lovebird juara menjelang lomba

Setelah menerapkan perawatan harian seperti diatas, selanjutnya anda dapat menerapkan perawatan menjelang lomba. Perawatan menjelang lomba ini bisa anda lakukan pada hari jum’at, sabtu, dan hari minggu (hari dimana lomba dilaksanakan). Pada perawatan menjelang lomba ini lovebird tidak perlu diembunkan, dan hanya dimandikan sekali saja pada pagi hari, setelah dimandikan diangin-anginkan sebentar kemudian dikerodong full sampai malam hari. Bisa diberikan ekstra fooding jagung manis beberapa butir saja.

BACA JUGA: Perawatan lovebird menjelang lomba

Untuk tahap percobaan mungkin anda tidak perlu langsung menerjunkan lovebird andalan anda kegantangan resmi. Anda bisa mencoba dulu membuat gantangan sendiri dengan lovebird lain milik anda atau dengan lovebird milik teman anda. Buat seolah-olah lovebird benar-benar sedang mengikuti lomba, jadi terapkan perawatan menjelang lomba seperti akan mengikuti lomba yang sebenarnya.

Jika anda memiliki beberapa ekor lovebird, maka akan lebih bagus lagi, karena anda dapat melakukan perawatan harian dan perawatan menjelang lomba tersebut terhadap semua lovebird anda. Kemudian pada hari minggunya anda bisa membuat gantangan sendiri dirumah, lalu anda amati dari semua lovebird milik anda, mana yang tampil maksimal, paling fighter, ngekeknya paling panjang, itulah yang menjadi lovebird juara anda.

Jika sudah menemukan gacoan lovebird juara, anda bisa melakukan perawatan rutin seperti diatas, dan minggu depan anda sudah siap untuk mengikutsertakan lovebird juara tersebut ke lomba yang sesungguhnya. Jika anda sudah mengerti dan menguasai perawatan lovebird juara, maka dengan mudah lovebird anda akan memenangkan banyak perlombaan, dan anda pun akan menjadi seorang pencetak lovebird juara yang dikenal banyak orang. Selamat mencoba

News Feed