Perbedaan Trotolan/ Anakan Cucak Ijo Jantan Dan Betina

Cara membedakan trotolan cucak ijo jantan dan betina memang tidak semudah membedakan cucak ijo jantan dan betina yang sudah dewasa. Sebab untuk cucak ijo dewasa tentu sangat jelas sekali perbedaan antara yang jantan dan yang betina, baik itu dari bentuk fisik maupun dari kualitas kicauan, sebab cucak ijo jantanlah yang memiliki kualitas kicauan yang baik.

Untuk cucak ijo dewasa jantan secara fisik tampak jelas sekali yaitu terdapat warna hitam pada bagian muka sampai leher yang biasa disebut dengan istilah “Nopeng”. Sedangkan untuk cucak ijo betina jelas tidak memiliki topeng (warna hitam dibagian muka dan leher). Meskipun demikian tidak sedikit penjual burung nakal yang sengaja mengecat burung cucak ijo betina agar tampak memiliki topeng seperti cucak ijo jantan, oleh sebab itu bagi anda yang masih awam, sebaiknya berhati-hati jika ingin membeli burung cucak ijo, khususnya pada penjual yang belum dikenal atau tidak jelas dimana alamat tempat tinggalnya (kios/ rumah) nya.

Untuk mengetahui perbedaan anakan cucak ijo jantan dan betina tentu akan lebih susah lagi, terutama yang belum tampak tanda-tanda topengnya. Nah sebagai bahan referensi bagi anda yang ingin membeli trotolan cucak ijo jantan agar tidak salah memilih sehingga malah dapat yang betina, simak ulasan berikut ini:

Inilah perbedaan trotolan/ anakan cucak ijo jantan dan betina

cara membedakan trotolan cucak ijo sebenarnya cukup mudah, asalkan si penjual tidak nakal dan merekayasa anakan cucak ijo tersebut. Permasalahannya sekarang ini banyak penjual burung yang tidak jujur dan merekayasa agar trotolan cucak ijo betina seolah-olah tampak seperti anakan cucak ijo jantan. Jadi saran saya sebaiknya anda membeli anakan ijo kepada penjual burung yang sudah anda kenal, agar anda tidak tertipu.


Ciri-ciri trotolan cucak ijo jantan

  1. Lingkar bulu mata, atau alis mata, atau cincin mata, atau apapun itu anda menyebutnya berwarna kuning cerah dan jelas (lugas) bukan kuning pudar.
  2. Paruh bagian bawah/ bawah paruh berwarna coklat kehitaman (coklat gelap) dan saat dewasa nanti biasanya berubah menjadi hitam pekat.
  3. Cekungan pada paruh bagian bawah membentuk huruf  V
  4. Bulu pada bagian dagu hingga leher berwarna kuning cerah (kuning tua) tidak pudar. Seiring bertambahnya usia warna kuning tersebut sedikit-demi sedikit akan rontok dan berubah menjadi bintik-bintik hitam, dan ketika sudah dewasa akan berubah menjadi full hitam pekat meyerupai topeng pada leher, dagu, hingga muka.
  5. Jarak supit udang lebih rapat dan keras saat ditekan

Ciri-ciri anakan cucak ijo betina

  1. Ciri-ciri trotolan ijo betina adalah berkebalikan dengan trotolan ijo jantan, yaitu memiliki lingkar mata/ cincin mata berwarna kuning pudar (keputih-putihan)
  2. Paruh bagian bawah berwarna putih kehitaman (abu-abu)
  3. Cekungan paruh bagian bawah membentuk huruf U
  4. Bulu dagu hingga leher berwarna kuning pudar (kuning keputih-putihan) dan ketika dewasa berubah menjadi putih
  5. Jarak supit udang lebih longgar dan lunak ketika ditekan
Cara membedakan trotolan cucak ijo jantan dan betina Perbedaan Trotolan/ Anakan Cucak Ijo Jantan Dan Betina
Perbedaan anakan cucak ijo jantan dan betina secara fisik
CATATAN:
Anakan cucak ijo memiliki kaki yang tampak kebasah-basahan, sedangkan cucak ijo dewasa memiliki kaki yang tampak kering dan bersisik. Jika ada penjual yang menawarkan anakan cucak ijo jantan yang belum nopeng tapi kakinya sudah tampak kering, dapat dipastikan itu adalah cucak ijo dewasa betina (bukan anakan cucak ijo jantan), jadi jangan tertipu dengan bujuk rayu penjual tersebut.
Demikianlah sedikit ulasan mengenai perbedaan trotolan cucak ijo jantan dan betina, semoga dengan ulasan ini anda menjadi semakin lebih faham dalam hal jenis kelamin cucak ijo.

News Feed