Perawatan Harian Burung Cendet Jawara

Perawatan harian cendet – Sahabat Kicau-Burung.com, setiap orang memiliki kebiasaan dan teknik tersendiri dalam merawat burung cendet, dan setiap burung cendet juga memiliki kebiasaan dan karakter masing-masing. Artinya tidak semua burung cendet yang dirawat dengan model perawatan harian cendet yang sama, akan menghasilkan kualitas cendet yang sama pula. Itulah sebabnya masing-masing cendet mania memiliki pola perawatan harian sendiri-sendiri.

Perawatan harian cendet jawara yang baik tidak berarti kemudian 100% menentukan bisa menjadi cendet jawara, karena tidak sedikit burung cendet dengan perawatan yang baik tapi tidak bisa menjadi jawara. Karena untuk membentuk cendet jawara dibutuhkan 2 aspek penting, yaitu pemilihan burung cendet yang memiliki mental jawara dan perawatan harian cendet yang baik dan benar.

 setiap orang memiliki kebiasaan dan teknik tersendiri dalam merawat burung cendet Perawatan Harian Burung Cendet Jawara

Perawatan harian cendet adalah perawatan burung sehari-hari yang dilakukan secara continue atau terus menerus setiap harinya. Perawatan harian ini tidak lepas dari pemberian setelah harian, pemberian pakan dan ekstra fooding, pembersihan kandang, pengerodongan, cara memandikan, penjemuran, serta pemasteran.

Perawatan harian cendet ini tidak sama dengan perawatan menjelang lomba, karena perawatan menjelang lomba hanya dilakukan 7 hari sebelum lomba, selebihnya cukup diterapkan perawatan harian seperti dibawah ini.

Perawatan harian burung cendet

1. Burung cendet dikeluarkan dan diangin-anginkan pada pukul 07.00 pagi selama kurang lebih 30 menit. Baru setelah itu pada pukul 07.30 burung dimandikan dengan cara disemprot atau mandi karamba, tergantung dari kebiasaan mandi burung cendet anda.

2. Sambil memandikan burung, bersihkan kandang dari kotoran setiap hari, untuk menjaga kesehatan burung dan penghuni rumah dari bakteri dan virus yang disebabkan oleh kotoran burung.

3. Ganti atau tambahkan pakan (voer) serta ganti air minum dengan air bersih matang setiap harinya.

4. Berikan jangrik 3 ekor sebagai ekstra fooding (setelan harian) pada wadah khusus, jangan memberikannya secara langsung menggunakan tangan, agar burung cendet tidak manja dan mbayeki. Jangan lupa untuk membuang terlebih dahulu kaki belakangnya, agar tidak membuat burung tersedak yang terkadang dapat mengakibatkan kematian.

5. Setelah itu jemur burung cendet dibawah sinar matahari langsung antara jam 08.00 – jam 11.00, penjemuran bisa dilakukan selama 2-3 jam, tergantung kondisi sinar matahari.

6. Setelah dijemur, burung kemudian diangin-anginkan diteras rumah selama sekitar 15 menit. 

7. Kemudian burung dikerodong sambil diperdengarkan suara masteran sampai pukul 15.00 WIB. 

8. Pada sore hari, burung cendet kembali diangin-anginkan diteras selama 15 menit, boleh dimandikan lagi, boleh juga tidak. 

9. Berikan ekstra fooding berupa jangkrik sebanyak 2 ekor sebagai setelan harian. 

10. Menjelang malam, tepatnya sekitar jam 18.00, burung kembali dikerodong dan dimasukkan kedalam rumah sambil diperdengarkan suara masteran. 

11. Keesokan harinya, lakukan langkah 1-10 diatas setiap hari secara rutin dan terus-menerus.

Baca juga: Cara merawat cendet mabung

Itulah tips perawatan harian burung cendet jawara agar cepat gacor dan selalu dalam kondisi prima, sehingga bisa diturunkan untuk lomba/ kompetisi setiap saat, kecuali pada saat burung dalam kondisi mabung.

Pencarian:

  • Perawatan harian cendet
  • Perawatan cendet juara
  • Perawatan cendet jawara
  • Merawat cendet yang benar

News Feed