Menu Sehat Sahur Agar Kuat dan Tubuh Fit Saat Berpuasa

Pada saat bulan Ramadhan seluruh umat muslim diwajibkan untuk berpuasa. Salah satu rutinitas yang tidak boleh terlewatkan dan tidak boleh ketinggalan adalah sahur. Sahur merupakan suatu hal yang sangat diperlukan oleh tubuh pada saat akan melakukan ibadah puasa. Hal ini karena kita harus bisa menahan lapar dan haus serta nafsu sepanjang hari mulai terbit fajar hingga tenggelamnya matahari. Nah, bagi Anda yang akan menjalankan ibadah puasa Ramadhan, berikut ini tips Menu Sehat Sahur Agar Kuat dan Tubuh Fit Saat Berpuasa.

Manfaat Sahur Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Menu Sehat Sahur Agar Kuat dan Tubuh Fit Saat Berpuasa

 

Nah, sebelum kita membahas mengenai menu sehat sahur agar tubuh kuat dan fit selama berpuasa, akan lebih baik jika kita mengetahui terlebih dahulu apa saja manfaat sahur bagi kesehatan selama berpuasa.

  1. Menambah Kekuatan saat Berpuasa

Manfaat sahur bagi kesehatan yang pertama adalah dengan makan sahur energi dan stamina kita akan terjaga sepanjang hari sehingga kita akan kuat berpuasa selama bulan ramadhan. Dengan makan sahur maka kita akan dapat beraktivitas dengan baik saat berpuasa.

  1. Mencegah Penyakit SIndrom Metabolik

Manfaat sahur bagi kesehatan yang berikutnya adalah sahur dapat mencegah penyakit sindrom metabolik seperti penyakit stroke, diabetes, jantung yang disebabkan oleh naiknya tekanan darah, kolesterol, gula darah, serta penumpukan lemak yang terjadi secara bersamaan. Hal ini akan membuat kita merasa lemas dan mengganggu aktivitas berpuasa.

  1. Baik untuk Keberhasilan Program Diet

Manfaat sahur bagi kesehatan berikutnya adalah ternyata sahur dapat membantu keberhasilan program diet yang sedang anda lakukan. Tindakan untuk tidak sahur agar tidak gemuk adalah hal yang salah. Justru dengan rajin makan sahur akan berdampak positif pada keberhasilan program diet yang anda lakukan.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain hal-hal yang sebelumnya sudah dijelaskan, manfaat sahur bagi kesehatan yang lainnya adalah dengan makan sahur maka akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita sehingga tubuh akan lebih kuat terhadap serangan bakteri dan virus penyebab penyakit.

Menu Sehat Sahur Agar Kuat dan Tubuh Fit Saat Berpuasa

Menu Sehat Sahur Agar Kuat dan Tubuh Fit Saat Berpuasa

Oleh karena itu, dalam kondisi yang seperti ini kita harus bisa menjaga kesehatan tubuh kita dengan sahur dengan menu yang sehat. Nah, bagi anda yang ingin tahu menu sahur apa yang wajib disantap pada saat berpuasa agar tubuh fit dan tetap kuat berpuasa seharian. Yuk, simak ulasan menu sehat sahur agar kuat dan tubuh fit saat berpuasa berikut ini.

  1. Air Putih

Pastikan anda memberikan asupan air putih yang cukup pada tubuh anda pada saat anda akan berpuasa di bulan ramadhan. Menu sehat sahur yang harus ada yang pertama pastinya adalah air putih. Air putih dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya. Apalagi pada saat berpuasa, anda akan kekurangan cairan sepanjang hari akibat menahan rasa haus dan lapar.

Untuk itu pastikan anda mengkonsumsi air putih dengan minum 4 hingga 6 gelas air putih pada saat sahur dan berbuka puasa. Namun, pastikan anda tidak menambahkan sirup atau gula ke dalam air. Dengan adanya cairan tubuh yang cukup, maka tubuh anda akan tetap sehat dan bugar selama berpuasa.

  1. Karbohidrat Kompleks

Menu sehat sahur agar kuat dan tubuh fit saat berpuasa yang selanjutnya adalah mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang tinggi. karbohidrat kompleks disini berbeda dengan kandungan karbohidrat yang biasanya karena karbohidrat kompleks akan dicerna secara perlahan dan energi yang dikandungnya akan dilepaskan secara bertahap.

Oleh karena itu, mengkonsumi menu makanan sehat sahur yang mengandung karbohidrat kompleks merupakan pilihan yang tepat untuk menjaga tubuh agar tetap berenergi sepanjang hari. Menu sehat sahur yang mengandung karbohidrat kompleks adalah nasih merah, nasi hitam, dan kentang yang direbus dengan kulitnya.

  1. Protein

Menu sehat sahur agar kuat dan tubuh fit saat berpuasa yang berikutnya adalah makanan yang mengandung protein. Pastikan anda mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi agar puasa anda lancar seharian. Protein sendiri merupakan nutrisi wajib yang berfungsi untuk mengganti sel-sel yang rusak. Dengan begitu, pergantian atau regenerasi ini akan bekerja ke seluruh tubuh untuk tetap optimal sekalipun pada saat kita sedang berpuasa.

Oleh karena itu, pastikan anda mengkonsumsi menu sehat sahur yang mengandung protein yang tinggi seperti telur, daging ayam, ikan, tempe, tahu, dan daging.

  1. Serat

Serat dibutuhkan oleh tubuh pada saat berpuasa agar metabolisme yang terjadi di dalam tubuh menjadi lancar. Serat diperlukan agar pencernaan tetap sehat dan lancar selama bulan puasa. Oleh karena itu, pastikan anada mengkonsumsi serat sebagai menu sehat sahur anda. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung serat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, gandum, kacang-kacangan dan biji-bijian.

  1. Sayur dan Buah

Sayur dan buah merupakan menu sehat sahur yang wajib ada dan harus anda konsumsi jika anda ingin sehat dan fit berpuasa seharian. Hal ini kaerna sayur dan buah memiliki kadar air yang tinggi. Selain itu, sayur dan buah juga kaya akan mineral, vitamin dan antioksidan yang mampu menjaga kebugaran tubuh selama berpuasa seharian.

Anda bisa memvariasikan konsumsi sayur dan buah pada saat sahur agar nutrisi yang diperoleh juga beraneka ragam dan tetap terjaga kelengkapannya. Namun, satu hal yang harus anda perhatikan adalah hindari buah yang memiliki rasa masam karena hal ini akan memicu produksi asam lambung yang berlebih, apalagi jika dimakan pada saat perut sedang dalam keadaan kosong.

Tips Sahur Sehat Selama Berpuasa

Menu Sehat Sahur Agar Kuat dan Tubuh Fit Saat Berpuasa
Tips Sahur Sehat Selama Berpuasa

Setelah kita mengetahui mengenai menu sehat sahur, berikut akan kami jelaskan mengenai menu yang harus dihindari saat sahur.

  1. Gorengan

Menu makanan yang harus dihindari pada saat sahur yang pertama adalah gorengan. Tips kuat berpuasa pada saat sahur adalah hindari makanan yang mengandung minyak karena gorengan  akan menyebabkan ikatan oksigen berkurang hingga 20 persen.

Hal ini akan membuat kita menjadi cepat lelah dan mengantuk pada saat berpuasa sepanjang hari. Nah, untuk menghindari tersebut pastikan anda tidak mengkonsumsi gorengan sebagai menu sahur anda. Anda bisa menggantinya dengan menu sehat sahur seperti kacang almond, buah pisang dan jeruk yang dapat memproduksi energi untuk beraktifitas sepanjang hari.

  1. Hindari Makanan Manis

Jika pada saat berbuka puasa kita harus mendahulukan yang manis-manis, hal ini akan berbeda pada saat kita sahur. Pada saat sahur pastikan anda menghindari makanan yang manis-manis, hal ini karena kandungan gula yang ada pada makanan yang manis akan membuat tubuh kita melepaskan insulin dengan cepat. Sehingga hal ini akan membuat tubuh kita menjadi cepat lapar. Apabila anda ingin makanan yang manis, pastikan anda memilih makanan yang memiliki pemanis alami seperti madu dan kurma.

  1. Kafein

Jika sebagian orang terbiasa untuk mengkonsumsi kafein pada pagi hari, pastikan pada saat sahur anda tidak mengkonsumsi kafein. Hal ini karena minuman yang harus dihindari pada saat sahur adalah minuman yang mengandung kafein. Banyaknya kadar kafein yang ada dalam tubuh kita akan membuat badan kita cepat lesu dan dehidrasi.

Itulah informasi yang detikcom.info bagikan mengenai menu sehat sahur agar kuat dan tubuh fit saat berpuasa. Semoga artikel ini bermanfaat melengkapi artikel kami sebelumnya Resep Masakan Sehat dan Aman Untuk Berbuka dan Sahur, terimakasih.

Komentar

News Feed