Medical Check Up Mencakup Investigasi Apa Saja?

Bagi Anda yang pertama kali melaksanakan MCU tentunya masih bertanya, Medical check up meliputi investigasi apa saja sih? Bagaimana caranya, penjelasannya? Kali ini dokterperusahaan.com akan membahas sedikit wacana investigasi yang biasanya dilakukan dikala Medical Check Up.
Medical Check Up atau General Check Up atau biasa disingkat dengan MCU ialah suatu perjuangan pencegahan pencegahan penyakit  melalui pemeriksaan-pemeriksaan kesehatan sebelum timbul gejala.. Perusahaan atau instansi juga melaksanakan MCU untuk karyawannya guna mengetahui kondisi kesehatan karyawan maupun calon karyawan. Pekerja yang akan masuk harus dipastikan sehat, supaya sanggup berkontribusi optimal.  

Apa saja investigasi dalam MCU ini? Pemilihan item investigasi tentunya diubahsuaikan dengan kebutuhan setiap calon akseptor atau perusahaannya. Provider kesehatan biasanya menyediakan aneka macam tingkatan kelengkapan Paket investigasi  MCU, kemudian pasien ataupun dokter perusahaan sanggup menentukan paket yang sesuai. Dokter perusahaan sanggup juga memesan sendiri paket tertentu sesuai dengan kebijakan perusahaannya.
Berikut ini beberapa Pemeriksaan MCU dan penjelasannya untuk Anda :
  1. Pemeriksaan Fisik oleh dokter : dokter akan menyidik fisik Anda, hening dan ijinkan dokter melaksanakan tugasnya. Anda sebaiknya membersihkan diri di hari hari sebelum pemeriksaan, Rambut dan jambang dipangkas rapi, kuku jangan panjang, indera pendengaran harus bersih, dan jikalau perlu  bersihkan gigi ke drg dulu.  
  2. Electrocardiograph EKG (rekam jantung) : Anda akan diminta berbaring dan melepaskan semua logam yang melekat ditubuh, kemudian beberapa kabel akan ditempelkan di dada dan kaki serta tangan Anda. Anda diminta untuk hening dan bernafas santai. Mungkin sepele, tapi beberapa pasien ketakutan diperiksa EKG ini, maka disini saya jelaskan bahwa investigasi EKG pasiennya tidak akan mencicipi apa-apa, apalagi kesakitan.
  3. Thorax Rontgen dan USG Abdomen : Pemeriksaan Rontgen dada untuk mengetahui citra Radiologi Jantung dan Paru Anda, USG Abdomen untuk mengetahui citra kondisi organ organ menyerupai hati,ginjal, empedu, pankreas dll.
  4. Cek laboratorium darah lengkap, (Hematologi, fungsi hati, fungsi ginjal, Metabolisme gula , metabolisme Lemak). Untuk investigasi ini Anda cukup duduk hening dan petugas Lab akan mengambil darah Anda.
  5. Urine Lengkap dan feses Test : Anda diminta untuk memasukkan urin kedalam pot yang telah disediakan, kemudian berikan urin tersebut ke petugas Lab. Pada feses test Anda diminta untuk mengambil sedikit feses Anda dan dimasukkan ke dalam pot yang disediakan.
  6. Narkoba Test : Ini untuk mengetahui apakah ada kandungan narkoba dalam Urin Anda. Hal yang penting disini, Pastikan Anda memberitahu ke Dokter atau Petugas Lab, jikalau Anda ada mengkonsumsi Obat dari Dokter dalam waktu 40 jam terakhir. Kalau perlu tunjukkan resep obatnya.
  7. Treadmill Test : Test ini untuk mengetahui tingkat kebugaran Anda. Bagi Anda yang sering olah raga lari jauh test ini tidak akan sulit bagi Anda. Namun jikalau Anda jarang olah raga, test ini sanggup jadi berat bagi Anda, jadi upayakan melaksanakan olah rutin dengan lari jarak sedang dan jauh, jikalau Anda dalah tahap seleksi masuk ke perusahaan.
  8. Spirometri : Anda diminta untuk meniup suatu alat. Untuk melaksanakan ini pastikan semua pakaian Anda sudah longgar, kemudian tariklah nafas semakasimal mungkin dan hembuskan dengan sekuat-kuatnya. Ikuti intruksi perawat yang memandu Anda. Tipsnya Hindari merokok minimal 6- 12 jam terakhir sebelum investigasi ini
  9. Audiometri : Anda diminta masuk kedalam ruangan kedap suara. Petugas akan menjelaskan prosedurnya. Kepekaan pendengaran Anda akan diuji disini. Anda diminta untuk menggunakan earphone dan Jika Anda mendengar bunyi sekecil apapun Anda harus memencet tombol yang Anda pegang. Hati –hati dan telitilah, alasannya suaranya sanggup sangat kecil, tapi masih dalam ambang dengar. Tipsnya supaya sukses dalam investigasi ini, Anda dihentikan mendengarkan suara-suara keras dan bising setidaknya 24 jam sebelum pemeriksaan. Jangan lupa pastikan indera pendengaran Anda higienis dan tidak ada Gumpalan Serumen yang menyumbat, alasannya ini sanggup menjadi penyebab kegagalan akseptor MCU.
  10. Test Buta Warna : Anda akan diminta untuk membaca warna-warna dari sebuah buku. Tes ini menggunakan buku tes buta warna Ishihara. Jika Anda tidak buta warna Anda tidak akan kesulitan membaca angka atau rujukan tersebut. Anda sanggup berlatih dahulu cukup banyak Ishihara test online yang ada di internet. Bila Anda terindikasi buta warna, sebaiknya Anda tidak perlu menghapalnya, karena  petugas akan mengacak halaman pemeriksaannya.
  11. Pemeriksaan Visus : Tes ini untuk mengetahui ketajaman penglihatan Anda. Anda diminta untuk membaca abjad atau rujukan dari jarak tertentu dengan satu mata bergantian. Sampaikan ke petugas jikalau Anda menggunakan beling mata. Biasanya Anda akan diperiksa 2 kali, dengan dan tanpa kacamata.
Sehari sebelum Medical Check up biasanya Anda diminta untuk puasa selama 8 sd 10 jam, contohnya Anda MCU jam 7 pagi, Anda sudah mulai puasa sekitar jam 10 malam. Biasany investigasi yang dilakukan lebih dulu ialah cek darah puasa, sehabis cek darah dan petugas MCU mengijinkan Anda untuk Makan, barulah Anda makan. Pemeriksaan lain dilakukan sehabis Anda makan dan minum.
Sekian klarifikasi Apa saja yang diperiksa selama MCU dan penjelasannya bagi Anda. Semoga bermanfaat dan MCU Anda sukses. (HF)

News Feed