Inilah 16 Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer

Terlalu usang di depan komputer sanggup berpotensi timbulnya problem pada tubuh, ibarat pada organ punggung, pinggang, bahu, leher dan mata.

Terutama untuk orang-orang yang setiap hari memakai komputer dan dalam waktu yang lama, maka sanggup beresiko tinggi membahayakan kesehatan mata.

Terlalu usang memakai komputer sanggup menjadikan mata menjadi cepat lelah, mata juga menjadi tegang. Yang tanda-tanda tersebut berpotensi membahayakan organ mata.

Mata merupakan salah satu panca indera yang paling penting bagi manusia.

Sumber gambar: Flickr.com

Tips menjaga kesehatan mata ketika mengoperasikan komputer

Selain mata menjadi lelah dan tegang, terlalu usang bekerja di depan komputer juga berpotensi menjadikan mata menjadi lembap bahkan bengkak…

…sehingga sangat perlu bagi orang yang sering memakai komputer, mengetahui cara yang benar dalam menggunakannya, berikut di bawah ini penjelasannya:

1. Jaga jarak pandang pada layar komputer

Sangat berbahaya apabila jarak pandang dengan komputer terlalu dekat, sehingga sanggup merusak mata. Atur jarak pandang mata dengan layar monitor sekitar 50-80 cm.

Jarak pandang dengan layar monitor komputer sangat kuat dengan besarnya radiasi yang mengenai mata.

Sehingga usahakan untuk menggunakannya dari jarak yang sejauh mungkin, tetapi tetap nyaman ketika membaca goresan pena yang ada di layar, ibarat pada artikel di website yang dikunjungi.

Jika perlu, bisa diakali dengan mengatur ukuran font menjadi lebih besar, caranya gampang (ketika browsing) atur untuk memperbesar tampilan website yang dikunjungi, biasanya caranya tekan kombinasi tombol “Ctrl” dan “+” secara bersamaan.

Melihat terlalu bersahabat ke layar LCD apalagi layar monitor model usang (bentuk tabung)  membuat otot mata cepat lelah dan menurunkan kemampuan lensa mata, balasannya meningkatkan resiko mata rabun.

2. Perhatikan pencahayaan dalam ruangan

Salah satu penyebab terbesar mata menjadi tegang ketika mengoperasikan komputer ialah pencahayaan pada ruangan (tempat memakai komputer) yang terlalu terang.

Sehingga sangat disarankan untuk memakai lampu yang mempunyai pencahayaan yang tidak terlalu terang alias cukup.

Serta, juga sangat tidak baik apabila pencahayaan ruangan terlalu gelap.

Posisi kita dalam memakai komputer, yaitu lampu ada di atas kepala, dan lebih baik lagi lampu ada di belakang punggung, sehingga Kamu tidak menatap eksklusif cahaya lampu.

Usakan posisi lampu tidak berada di depan atas kita, alasannya ialah menciptakan kita menatap cahayanya secara langsung, yang tentunya ini tidak sehat bagi mata

3. Atur tampilan dan tingkat pencahayaan layar komputer.


Sinar pada layar monitor sanggup mempengaruhi fleksibilitas mata, oleh alasannya ialah itu pengting menurunkan kecerahan sinar pada layar monitor.

Atur cahaya pada layar monitor biar tidak terlalu tajam (terang), tetapi juga jangan terlalu redup. Akan lebih baik lagi dengan menambahkan filter glass pada layar monitor.

Atur tingkat “Brightness” pada komputer supaya sesuai dengan kondisi pencahayaan di ruangan daerah memakai komputer. Cahaya pada layar monitor hendaknya tidak lebih terang dibandingkan cahaya lampu di ruangan Kamu.

Demikian juga atur tingkat“ contrast” menjadi senyaman mungkin.

Jika pada laptop atau komputer ada tombol berupa icon cahaya dan tombol Fn. Maka dengan tekan tombol Fn dan icon cahaya secara bersamaan ( Fn + icon cahaya ), sanggup dengan cepat menurunkan atau meningkatkan tingkat cahaya layar.

Sebagai tambahan, akan lebih baik memakai LCD monitor, alasannya ialah memakai LCD lebih baik dan sehat untuk mata dibandingkan memakai monitor yang jenis tabung.

4. Jangan lupa berkedip.

Jangan hingga alasannya ialah saking seriusnya memakai komputer jadi lupa berkedip, mata yang terlalu usang tidak berkedip sanggup menjadi tegang, iritasi dan juga kering.

Sehingga, walau seseru apapun dalam memakai komputer, jangan lupa untuk berkedip.

Normalnya mengedipkan mata sebanyak 15-18 kali dalam satu menit.

Tetapi dengan menatap layar komputer, mengedipkan mata menjadi berkurang.

Ketika mata sudah terlalu lelah, untuk mengatasinya bisa dengan menutup mata beberapa detik, guna menyegarkan mata kembali.

Kamu juga bisa sesekali, memijat area di sekitar mata dengan lembut (bukan pijat pada belahan mata)…

…lakukan gerakan memutar secara perlahan untuk menciptakan otot-otot di sekitar mata lebih rileks.

INGAT!! Jangan sekali-kali mengucek mata, alasannya ialah berbahaya untuk mata.

loading…


5. Jangan terpaku pada satu daerah di layar monitor.

Hal yang sanggup menciptakan mata dan anggota badan lainnya menjadi pegal ialah terlalu terpaku pada satu daerah di layar monitor.

Sehingga, perlu adanya refeshing, jangan hanya terpaku pada satu daerah pada layar monitor dalam waktu lama. Demikian juga ibarat dijelaskan sebelumnya, jangan lupa untuk berkedip.

6. Istirahat yang cukup

Jangan alasannya ialah terlalu asik memakai komputer, sehingga melupakan akan pentingnya istirahat.

Sangat disarankan untuk tidur sekitar 6-8 jam setiap hari, ini ialah waktu yang normal untuk tidur bagi semua orang, jangan hingga tidur lebih sebentar dibandingkan waktu tersebut.

Dan jangan lupa juga, pada setiap jam-nya memakai komputer maka sangat disarankan untuk istirahat sejenak selama 5 menit saja, untuk mengistirahatkan mata dan merefesh pikiran.

7. Rajin olahraga

Walaupun aktifitas sehari-hari berada di depan komputer, jangan lupa menyediakan waktu untuk melaksanakan olahraga secara teratur…

…manfaatnya biar kondisi badan tetap fresh dan bugar.

Kamu hanya perlu melaksanakan olahraga sederhana ibarat jongging atau bersepeda selama 15-25 menit. Lakukan olahraga tersebut sebanyak 4-7 kali dalam seminggu.

8. Gunakan tetes mata

Dengan lelahnya mata ketika aktifitas sehari-hari di depan komputer, maka disarankan untuk memakai obat tetes mata…

Kamu hanya perlu melakukannya sekali-kali saja. Hal ini bertujuan biar mata sanggup kembali segar dan juga terhindar dari problem kering.

9. Mengatur posisi monitor / LCD

Kamu perlu mengatur monitor biar sedikit lebih rendah dari mata, sehingga mata nantinya sejajar dengan belahan tepi atas monitor.

Dengan sudut, maka leher akan berada pada posisi yang baik dan aman, yang keuntungannya untuk mencegah terjadinya sakit pada leher dan mencegah ketegangan otot mata.


10. Gunakan monitor beresolusi tinggi

Monitor bau tanah (keluaran lama) cenderung berkedip lebih banyak, serta refresh ratenya lebih lambat.

Hal ini menjadikan mata akan terlalu sering, untuk bekerja menyesuaikan penglihatan pada gambar di layar monitor.

Akibatnya mata menjadi cepat lelah dan juga bisa memicu timbulnya rasa pusing.

11. Bersihkan layar dari debu

Karena dikhawatirkan debu sanggup masuk ke mata yang menjadikan iritasi, sehingga perlu membersihkan layar monitor.

Caranya dengan mengelap layar memakai cairan anti-statis, dimana cairan tersebut disemprotkan ke kain, kemudian gunakan untuk membersihkan layar, lakukan dengan pelan-pelan, hati-hati dan secara lembut, untuk menghindari terjadinya hal jelek pada layar.

12. Rajin konsumsi buah dan sayuran

Umumnya, pada daging, sayur dan buah-buahan mempunyai kandungan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan mata.

Untuk menjaga kesehatan mata, maka perlu asupan vitamin A yang mencukupi untuk tubuh, hal yang paling gampang untuk memperoleh asupan vitamin A yaitu rajin mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran.

Buah-buahan dan sayuran yang dikonsumsi bermanfaat untuk meningkatkan kinerja mata, biar tidak cepat ngantuk ketika membaca goresan pena di layar monitor, serta membantu badan biar bisa selalu fresh.

Pada sebuah penelitian, menyatakan bahwa kandungan vitamin dan antioksidan berguna untuk menurunkan resiko terjadinya degenerasi makular dan penyakit mata katarak.

13. Gunakan penyangga pada buku…

Maksudnya ketika Kamu ingin mengetik dari buku, maka usahakan meletakkan buku biar sempurna di samping monitor (jaraknya berdekatan), bisa juga memakai derma penyangga untuk buku sehingga lebih bersahabat lagi dengan monitor.

Tujuan menempatkan buku sempurna di samping monitor, biar mata (bahkan leher) tidak perlu bergeser terlalu jauh ketika membaca sumber di buku, untuk nantinya diketik.

Karena kalau buku terlalu jauh dari layar monitor, pergerakan kepala (ke kanan-kiri) menjadi terlalu jauh, yang bisa membahayakan leher, mata dan juga bisa timbul rasa pusing.

14. Disarankan bekerja dengan ukuran font yang besar

Ini sangat penting ketika membaca artikel, apalagi ketika mengedit goresan pena di layar komputer, yang tentunya akan fokus melihat goresan pena yang ada di layar.

Untuk itu, disarankan memakai karakter yang besar, jangan hingga ukuran font-nya sangat kecil.

Karena ukuran font yang kecil menciptakan Kamu “terpaksa” mendekatkan wajah atau mata ke layar monitor, yang tentunya ini tidak baik kalau sering dilakukan.

Jika karakter kecil, maka Kamu bisa memperbesarnya hingga nyaman ketika dibaca, Ketika final mengedit atau membaca, font bisa dikembalikan ke ukuran semula lagi.

Gunakan URL singkat: https://goo.gl/E84ZnS (untuk share artikel ini ke Twitter)

15. Gunakan filter monitor

Untuk menjaga penchayaan layar monitor, Kamu juga disarankan menggunkan beling filter khusus, yang efektif untuk meredam cahaya hiperbola dan radiasi dari layar komputer yang dipancarkan ke tubuh, sehingga berbahaya bagi kesehatan, terutama pada organ mata.

Penggunaan screen protector ini dinilai efektif untuk mengurangi imbas radiasai yang dipancarkan dari layar komputer.

16. Periksa kondisi layar monitor

Apabila kondisi tampilan gambar pada monitor tidak konsisten, dimana kadang terperinci dan kadang suram sehingga mengganggu mata.

Kamu perlu memperhatikan kondisi layar, apakah masih bekerja optimal atau menurun kualitasnya?

Sehingga kalau keadaan layar monitor sudah kurang baik tampilannya, maka lebih baik untuk mengganti monitor dari pada harus mengorbankan kesehatan mata, selain itu jangan lupa untuk rajin membersihan monitor dari debu menempel.

News Feed