Indahnya Sunrise Dan Sunset Di Kebun Buah Mangunan

Lokasi Kebuh Buah Mangunan berada di pegunungan yang berada di Dlingo, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Jika Anda berada di sentra Kota Jogja dan ingin berkunjung ke Kebun Buah Mangunan Imogiri ini, membutuhkan waktu kurang lebih 1.5 jam. Ada dua alternatif jalan menuju ke Kebun Buah Mangunan, yang pertama dari Gunungkidul dan yang kedua dari Imogiri. Jalan yang sering dipakai oleh para pelancong ialah jalan dari Imogiri.

 berada di pegunungan yang berada di Dlingo Indahnya Sunrise dan Sunset di Kebun Buah Mangunan
Indahnya alam dunia ini di Kebun Buah Mangunan Imogiri | sumber: dolandolan.info

Seperti namanya yaitu Kebun Buah, maka di Mangunan ini akan banyak ditemui bibit hingga pohon buah-buahan yang dibudidayakan. Buah-buahan yang ditanam dan dibudidayakan di kebun buah ini ada beberapa diantaranya:

  1. Durian
  2. Rambutan
  3. Mangga
  4. Jeruk dan aneka tumbuhan buah-buahan lainnya.
Untuk sanggup menikmati buah-buahan di kebun buah Mangunan ini sebaiknya tiba pada ekspresi dominan buah-buahan tersebut. Anda sanggup memetik eksklusif buahnya atau membelinya di daerah yang disediakan. Selain buah, Anda juga sanggup membawa pulang bibit pohon buah-buahan dengan membelinya.

Perjalanan menuju Kebun Buah Mangunan

Seperti yang telah dituliskan di atas, perjalanan dari sentra Kota Jogja ke Kebun Buah Mangunan memakan waktu kurang lebih 1.5 Jam. Anda akan melewati dua keadaan jalan, yang pertama jalan dari Pusat Kota Jogja menuju Imogiri. Di sini Anda akan melewati jalan yang datar namun ramai akan pengguna jalan. Sesampainya di Imogiri dan menuju Mangunan, jalan terasa sepi namun akan berganti ke medan yang cukup menguras keahlian Anda dalam mengemudi. Pasalnya jalan menuju Mangunan ialah pegunungan yang tentu saja naik turun dan berkelok-kelok.

Jalanan menuju lokasi Kebun Buah Mangunan yang beraspal dan minim lubang kadang menarik hati pengendara kendaraan roda dua untuk memacu kendaraan. Jika Anda belum pernah ke Kebun Buah Mangunan, harap berhati-hati dan selalu utamakan keselamatan. Salin itu, perhatikan kesiapan kendaraan Anda untuk menuju ke Kebun Buah Mangunan, pastikan kendaraan Anda siap untuk dibawa ke jalan yang bermedankan naik turun ini.

Sepanjang jalan Imogiri ke Kebun Buah Mangunan tidak ada penerangan jalan. Jika Anda berkendara pada malam hari, pastikan lampu kendaraan Anda tidak mengalami kerusakan

Terlepas dari jalan dan perjalanan ke Kebun Buah Mangunan di atas, Kebun Buah Mangunan memiliki panorama yang indah dan siap untuk dijadikan aneka macam kegiatan. Ada apa saja yang sanggup dilakukan di Kebun Buah Mangunan? Berikut ulasannya.

Apa saja yang sanggup dilakukan di Kebun Buah Mangunan?

1.  Outbound, Piknik atau Berlibur

 berada di pegunungan yang berada di Dlingo Indahnya Sunrise dan Sunset di Kebun Buah Mangunan
Outbound di Kebun Buah Mangunan | sumber: intang-edelweiss.blogspot.com

Jika Anda bekerja di sebuah instansi atau memiliki harapan untuk melaksanakan outbound, Kebun Buah Mangunan layak Anda jadikan pertimbangan. Pasalnya daerah wisata ini memiliki banyak area dan akomodasi yang siap Anda jadikan acara outbound. Selain acara outbound, Kebun Buah Mangunan sanggup Anda jadikan daerah untuk piknik bersama keluarga atau pun teman-teman. Jangan khawatir soal tempat. Anda bebas menentukan daerah untuk menggelar tikar piknik.

2.  Berkemah di Kebun Buah Mangunan

 berada di pegunungan yang berada di Dlingo Indahnya Sunrise dan Sunset di Kebun Buah Mangunan
Melakukan kemah pramuka sekolah di Kebun Buah Mangunan | sumber: alazhar-yogyakarta.com 

Selain outbound dan piknik, daerah ini sanggup Anda jadikan untuk berkemah. Baik berkemah partai besar menyerupai program kemah pramuka sekolah atau pun kemah kecil-kecilan bersama sahabat atau keluarga Anda.

3.  Study tour tanaman

 berada di pegunungan yang berada di Dlingo Indahnya Sunrise dan Sunset di Kebun Buah Mangunan
Study tour ke Kebun Buah Mangunan | sumber: sekolahalamjogja.com

Tidak jarang Kebun Buah Mangunan di Imogiri ini dijadikan study tour atau kunjungan para pelajar. Pasalnya kebun buah ini juga dijadikan daerah pembudidayaan tumbuhan buah-buahan. Jika Anda ingin melaksanakan study tour, tidak ada salahnya untuk membawa anak didik Anda ke kebun buah Mangunan di Jogja ini.

Apa saja yang didapat di Kebun Buah Mangunan?

1.  Pemandangan

 berada di pegunungan yang berada di Dlingo Indahnya Sunrise dan Sunset di Kebun Buah Mangunan
Panorama pemandangan yang indah di Kebun Buah Mangunan | sumber: papabackpacker.wordpress.com

Kebun yang berada di pegunungan ini tentunya memiliki pemandangan yang sudah tidak diragukan lagi untuk dinikmati. Hamparan gunung-gunung yang hijau siap memanjakan pandangan Anda. Nikmati pemandangan di Kebun Buah Mangunan bersama sahabat atau pasangan tentunya akan lebih mengasyikkan.

2.  Sunrise

 berada di pegunungan yang berada di Dlingo Indahnya Sunrise dan Sunset di Kebun Buah Mangunan
Menyaksikan matahari terbit di Kebun Buah Mangunan | sumber: twitter.com/macheko

Dengan masih banyaknya pepohonan dan berada di pegunungan, Kebun Buah Mangunan pastinya memiliki udara yang segar dan alam yang masih asri. Jika Anda bermalam di Kebun Buah Mangunan dengan berkemah, sebaiknya jangan lewatkan untuk menyaksikan terbitnya sang mentari di ufuk timur pada pagi harinya.

3.  Sunset

 berada di pegunungan yang berada di Dlingo Indahnya Sunrise dan Sunset di Kebun Buah Mangunan
Menikmati matahari terbenam dari gardu pandang kebun buah Mangunan | sumber: pesona-alamku.blogspot.com

Karena lokasi kebun buah Mangunan ini berada di pegunungan, Anda sanggup menikmati dan mengabadikan matahari terbenam atau sunset. Tempat yang sempurna untuk menikmati senja di kebun buah Mangunan ialah di area Gardu Pandang. Tempat yang tidak kalah menariknya dari tempat-tempat di Jogja untuk menikmati senja menyerupai Bukit Paralayang Parangndog dan Bukit Bintang ini akan menawarkan pengalaman tersendiri.

Peta Menuju Kebun Buah Mangunan

Untuk mempermudah dan mempercepat perjalanan munuju Kebun Buah Mangunan di Imogiri, berikut kami berikan rute atau peta menuju kebun buah Mangunan dari Nol Kilometer Yogyakarta.

News Feed