Hati Hati Kecanduan Kerja/Workaholism, Pengertian Dan Cara Mengatasinya

Ketika pekerjaan menjadi kecanduan

Kecanduan kerja, sering disebut workaholism, yaitu kondisi kesehatan mental yang nyata. Seperti kecanduan lainnya, kecanduan kerja yaitu ketidakmampuan untuk menghentikan perilaku. Ini sering berasal dari kebutuhan kompulsif untuk mencapai status dan kesuksesan, atau untuk melepaskan diri dari stres emosional. Kecanduan kerja sering didorong oleh kesuksesan pekerjaan. Dan itu umum pada orang yang digambarkan sebagai perfeksionis.
Sama menyerupai seseorang dengan kecanduan narkoba, seseorang dengan kecanduan kerja mencapai “tinggi” dari bekerja. Ini membuat mereka terus mengulangi sikap yang memberi mereka setinggi ini. Orang dengan kecanduan kerja mungkin tidak sanggup menghentikan sikap meskipun cara negatif itu sanggup mempengaruhi kehidupan langsung mereka atau kesehatan fisik atau mental.

Gejala

Dalam budaya di mana kerja keras dipuji dan lembur sering kali diharapkan, akan sulit mengenali kecanduan kerja. Orang dengan kecanduan kerja sering kali membenarkan sikap mereka dengan menjelaskan mengapa itu hal yang baik dan sanggup membantu mereka mencapai kesuksesan. Mereka mungkin tampak berkomitmen untuk pekerjaan mereka atau keberhasilan proyek mereka. Namun, ambisi dan kecanduan sangat berbeda.
Seseorang dengan kecanduan kerja sanggup terlibat dalam pekerjaan kompulsif untuk menghindari aspek lain dari kehidupan mereka, menyerupai persoalan emosional yang mengganggu atau krisis pribadi. Dan menyerupai dengan kecanduan lainnya, orang tersebut mungkin terlibat dalam sikap yang tidak menyadari imbas negatif yang menjadikan kecanduan.

Gejala kecanduan kerja meliputi:

meluangkan waktu berjam-jam di kantor, bahkan ketika tidak diperlukan
kehilangan tidur untuk terlibat dalam proyek kerja atau menuntaskan tugas
terobsesi dengan kesuksesan yang berafiliasi dengan pekerjaan
sangat takut gagal di daerah kerja
menjadi paranoid perihal kinerja yang berafiliasi dengan pekerjaan
hubungan langsung disintegrasi alasannya yaitu pekerjaan
mempunyai sikap defensif terhadap orang lain perihal pekerjaan mereka
memakai pekerjaan sebagai cara untuk menghindari hubungan
bekerja untuk mengatasi perasaan bersalah atau depresi
bekerja untuk menghindari menangani krisis menyerupai kematian, perceraian, atau persoalan keuangan


Diagnosa

Skala Kecanduan Kerja Bergen dipakai untuk mengidentifikasi kecanduan kerja. Ini dikembangkan oleh Universitas Bergen dan diterima di komunitas medis. Skala mengukur beberapa faktor termasuk seberapa sering aspek tertentu berlaku untuk kehidupan Anda. Item-item ini diukur dalam skala:
tidak pernah (1)
jarang (2)
kadang kala (3)
sering (4)
selalu (5)

Item yang Anda mungkin diminta untuk menilai termasuk:

Anda memikirkan bagaimana Anda sanggup meluangkan lebih banyak waktu untuk bekerja.
Anda bekerja untuk mengurangi rasa bersalah, tidak berdaya, depresi, dan kecemasan.
Anda telah diberitahu untuk mengurangi waktu Anda bekerja tetapi mengabaikan undangan tersebut.
Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk bekerja dari yang Anda inginkan pada awalnya.
Anda menjadi stres ketika Anda tidak sanggup bekerja.
Anda menurunkan pentingnya hobi, kegiatan yang menyenangkan, dan kebugaran dengan imbalan waktu kerja yang lebih banyak.
Anda bekerja begitu banyak sehingga berdampak negatif terhadap kesehatan Anda.
Penelitian yang terkait dengan skala yang dipublikasikan dalam Jurnal Skandinavia Psikologi mengatakan bahwa bila Anda sanggup menjawab “sering” atau “selalu” untuk setidaknya empat dari barang-barang ini, Anda mungkin mempunyai kecanduan kerja.

Pilihan pengobatan

Jika Anda mempunyai kecanduan kerja, Anda mungkin tidak membutuhkan tingkat perawatan yang sama menyerupai seseorang dengan kecanduan narkoba. Namun, mungkin awalnya Anda akan memerlukan acara rehabilitasi rawat inap atau rawat jalan untuk mengelola perilaku.
Sementara acara rehabilitasi lebih umum dalam kecanduan narkoba dan alkohol, kecanduan kerja berat juga sanggup dibantu oleh pendekatan intensif ini. Perawatan rawat inap mengharuskan Anda untuk tinggal di kemudahan selama pemulihan. Perawatan rawat jalan memungkinkan Anda untuk tinggal di rumah ketika menghadiri kelas dan konseling di siang hari.
Banyak orang dengan kecanduan kerja menemukan pertolongan melalui kelompok 12 langkah dan acara terapi lainnya. Pilihan untuk terapi kelompok tersedia melalui organisasi menyerupai Workaholic Anonymous. Program semacam ini memungkinkan Anda untuk terhubung dengan orang lain melalui usaha yang sama dan menyediakan sumber dukungan yang sehat.
Kecanduan kerja sanggup diakibatkan oleh kondisi kesehatan mental bersama, menyerupai gangguan obsesif-kompulsif (OCD) atau gangguan bipolar. Kecanduan juga bisa menjadikan persoalan kesehatan mental, menyerupai depresi.
Untuk alasan ini, mungkin bermanfaat untuk mempunyai evaluasi kesehatan mental. Seorang jago kesehatan mental sanggup membantu merancang rencana perawatan. Rencananya akan mengatasi kecanduan dan persoalan yang mendasarinya. Terapi satu lawan satu, dan bahkan obat-obatan, sanggup membantu mengendalikan impuls, kecemasan, dan stres.

Ekspektasi

Seperti kebanyakan kecanduan, kecanduan kerja akan bertambah jelek dari waktu ke waktu hingga seseorang mencari bantuan. Orang mungkin mengalami “kelelahan” bila mereka bekerja hingga titik kelelahan fisik dan mental. Ini yaitu hasil umum kecanduan kerja. Kekamburan sanggup menjadikan stres yang ekstrim, hubungan yang rusak, dan bahkan penyalahgunaan narkoba.
Tanpa perawatan, seseorang dengan kecanduan kerja sanggup menjauhkan diri dari teman dan keluarga. Menunggu terlalu usang untuk mendapat pertolongan sanggup merusak hubungan ini perdengan hati-hati. Juga, stres kronis yang kadang kala hasil dari kerja terus-menerus sanggup menyulitkan kesehatan fisik. Temuan ini keluar dari sebuah penelitian yang diterbitkan dalamJournal of American Medical Association (JAMA). Pekerjaan sanggup menjadikan melemahnya sistem kekebalan dan meningkatnya risiko penyakit.
Kecanduan Kerja  Workaholism
Namun untungnya, kecanduan kerja sanggup dikelola. Dengan perawatan, orang sanggup memulihkan keseimbangan kerja yang sehat dalam kehidupan mereka. Orang yang mempunyai kecanduan kerja sering kali bekerja untuk menghindari perasaan bersalah alasannya yaitu tidak bekerja. Jadi, penting bagi pecandu pulih untuk membuatkan hubungan yang sehat dengan pekerjaan. Sebagian besar dari kita perlu bekerja untuk membayar tagihan, sehingga membuat keseimbangan sangat penting. Dalam banyak kasus, mustahil berhenti bekerja. 
Mungkin berkhasiat untuk mengambil waktu libur kerja untuk menyadari bahwa kehidupan akan terus berjalan tanpa kerja terus-menerus. Perubahan karier juga sanggup membantu mengelola kecanduan. Sebagai kondisi psikososial, kecanduan kerja biasanya lebih gampang dikendalikan daripada kecanduan narkoba. Perubahan berikut mungkin juga membantu: mengubah gaya hidup menyeimbangkan acara kehidupan Anda menghindari stres dan pemicu

News Feed