Gempa 7 SR Di NTB Terasa Di Pacitan, Warga Berlarian Keluar Rumah

Gempa 7 SR di NTB Terasa di Pacitan, Warga Berlarian Keluar Rumah Warga Pacitan keluar rumah alasannya getaran gempa (Foto: Purwo Sumodiharjo)

Pacitan – Gempa berkekuatan 7 SR yang berpusat di NTB, Minggu (5/8/2018) petang dirasakan berpengaruh di Pacitan. Getaran yang terjadi pukul 18.46 WIB mengejutkan warga. Mereka pun berlarian ke luar rumah.

Pantauan detik.com di Kelurahan Ploso, Kecamatan Kota, puluhan warga masih bertahan di luar rumah sampai beberapa menit. Sebagian tampak bangun di pinggir jalan. Beberapa orang lainnya berkumpul di tanah lapang yang berada di antara pemukiman.

“Iya. Memang hanya sebentar tapi terasa kuat. Pas gempa aku sedang bangun aja terasa,” ujar Tohir, warga setempat kepada detikcom.


Belum ada laporan terkait dampak kerusakan jawaban gempa tersebut. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan masih mengumpulkan informasi dari seluruh wilayah.

“Kami terus berusaha mengumpulkan informasi dari semua kecamatan. Jika ada warga yang mengetahui adanya kerusakan jawaban gempa silakan melaporkan kepada kami,” kata Diannita Agustinawati, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan.


Dia juga mengimbau masyarakat tidak panik namun tetap waspada. “Kami terus berupaya memberikan update informasi melalui banyak sekali media,” tambahnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan sentra gempa berada pada koordinat 8.25 LS,116.49 BT (27 Km timur bahari Lombok Utara-NTB) dengan kedalaman 10 Km. BMKG kemudian memperbarui informasi tersebut dengan keterangan kekuatan gempa mencapai 7.0 SR dan berpotensi tsunami di wilayah NTB.

Sumber detik.com

News Feed