Cara Perawatan Cendet Setelah Mabung Agar Lebih Gacor

 sebab burung cendet dan hampir semua jenis burung kicauan lainnya pada saat mabung tentu  Cara Perawatan Cendet Setelah Mabung Agar Lebih Gacor
Image by: Flickr.com

Perawatan cendet setelah mabung sangat penting sekali, sebab burung cendet dan hampir semua jenis burung kicauan lainnya pada saat mabung tentu akan mengalami penurunan performa secara drastis, baik itu dalam hal kicauan maupun dalam hal kondisi fisik. Sebab pada saat mabung tepatnya pada saat cendet sedang merontokkan bulu-bulunya membutuhkanbanyak tenaga dan asupan nutrisi yang cukup, itulah sebabnya kenapa burung cendet pada saat mabung harus diberikan ekstra fooding yang cukup pula, bahkan terkadang harus diberikan ekstra fooding lebih banyak dari setelan harian dan setelan lomba biasanya.

Pada saat cendet sedang mabung sebaiknya anda melupakan dahulu setelan lomba dan setelan harian, yang perlu anda lakukan adalah memberikan ekstra fooding yang lebih banyak dari setelan harian agar kebutuhan nutrisi cendet yang sedang mabung tersebut terpenuhi dengan baik. Lupakan pula untuk mengikutsertakan cendet yang sedang mabung pada sebuah acara lomba baik itu latpres ataupun hanya sekedar latberan, biarkan cendet mabung beristirahat secara penuh dan menyelesaikan proses mabung tersebut dengan sempurna. Barulah setelah mabung cendet selesai anda mencari kembali setelan harian dan setelan lomba, kemudian mengikutsertakan cendet kesayangan anda pada event-event lomba yang ada.

Jika anda memaksakan cendet yang sedang mabung untuk mengikuti lomba, justru akan berdampak buruk bagi performa dan kondisi kesehatan cendet tersebut. Karena pada masa mabung dibutuhkan perawatan khusus, jika tidak diperlakukan secara khusus maka cendet menjadi macet bunyi atau tidak gacor lagi setelah mabung. Untuk perawatan lebih lengkapnya silahkan baca: Cara perawatan cendet mabung.

Meskipun sudah menerapkan perawatan cendet mabung dengan benar, biasanya cendet akan kembali gacor atau bahkan lebih gacor lagi setelah selesai mabung. Tapi ada beberapa kasus dimana pemilik tidak melakukan perawatan cendet mabung dengan benar, sehingga setelah mabung, burung cendet tersebut menjadi macet bunyi, atau tidak segacor sebelum mabung. Berikut saya berikan tips perawatan cendet setelah mabung agar lebih gacor, sehingga anda tidak perlu pusing-pusing lagi.

 sebab burung cendet dan hampir semua jenis burung kicauan lainnya pada saat mabung tentu  Cara Perawatan Cendet Setelah Mabung Agar Lebih Gacor
Image by: Flickr.com

Perawatan cendet setelah mabung

1. Mencari setelan ulang ekstra fooding cendet pasca mabung

Setelan EF cendet saat mabung dan setelah mabung tentunya berbeda, jika saat mabung cendet dirokemdasikan untuk diberi EF sebanyak-banyaknya agar kebutuhan nutrisi saat mabung terpenuhi, sedangkan untuk setelan EF harian dan lomba tentu harus diberikan sesuai dengan karakter cendet itu sendiri. Setelan yang tepat adalah setelan dimana cendet bisa selalu dalam kondisi prima, baik saat digantang ataupun saat berkicau dirumah. Untuk memperoleh setelan yang tepat, anda bisa membacanya disini: Cara mencari setelan harian EF cendet

2. Biarkan cendet menikmati embun pagi dan udara pagi

Keluarkan cendet pada pagi hai sekitar jam 05.00 atau jam 05.30, biarkan cendet menikmati embun pagi dan udara pagi yang masih bersih dan bebas dari polusi. Proses angin-angin tersebut harus dalam keadaan kerodong dibuka dan dilakukan selama sekitar 1 jam, atau sampai jam 06.30 atau jam 07.00.

3. Mandikan cendet dipagi hari

Setelah diangin-anginkan kemudian cendet dimandikan dengan cara disemprot dengan setelan embun atau dengan mandi karamba sesuai dengan kebiasaan mandi cendet anda sebelum mabung. Sebab pada saat mabung tentu anda tidak dianjurkan untuk memandikan cendet yang sedang mabung.

4. Berikan ekstra fooding

Setelah dimandikan kemudian cendet diangin-anginkan sebentar sambil diberik ekstra fooding berupa jangkrik dan kroto. Proses angin-angin setelah mandi tersebut sebaiknya dilakukan dibawah, yaitu sangkar ditaruh dilantai, bukan digantung. Ini bertujuan untuk melatih mental cendet setelah mabung sekaligus membuat cendet agar lebih akrab dengan pemiliknya.

Pemberian ekstra fooding berupa jangkrik dan kroto tersebut bisa disesuaikan dengan karakter cendet anda. Untuk saya sendiri khusus untuk proses pemulihan dan perawatan cendet setelah mabung adalah dengan memberikan EF kroto sebanyak satu sendok dan jangkrik sebanyak 7 ekor.

5. Penjemuran cendet

Setelah mandi dan diberikan ekstra fooding kemudian cendet dijemur dibawah sinar matahari pagi, penjemuran sebaiknya dilakukan setelah bulu-bulu burung mulai kering, jangan menjemur pada saat kondisi bulu masih basah kuyup. Penjemuran bisa dilakukan sampai sekitar jam sepuluh atau jam setengah sebelas. Jangan menjemur burung dibawah terik matahari yang sangat panas, sebab dapat merusak bulu burung dan membuat birahi burung meingkat.

6. Pengerodongan

Setelah dijemur kemudian cendet diangin-anginkan sekitar 10 menit, baru setelah itu dikerodong dan diletakkan pada tempat yang sepi dan nyaman sampai sore hari, atau sekitar jam 16.00. Pada saat pengerodongan tersebut anda bisa menyetel suara masteran untuk menambah isian burung cendet anda.

7. Pemberian EF Sore

Pada jam 16.00 seperti yang telah saya sebutkan diatas, cendet dikeluarkan dan dibuka kerodongnya, kemudian diangin-anginkan sebentar sambil diberikan ekstra fooding berupa jangkrik sebanyak 5 ekor dan kroto satu sendok.

8. Pengerodongan pada malam hari

Selanjutnya burung dikerodong kembali dan dimasukkan kedalam rumah, biarkan cendet beristirahat dimalam hari sambil diperdengarkan suara masteran sampai pagi hari. Pada malam hari burung wajib dikerodong agar dapat beristirahat dengan baik, selain itu pengerodongan malam juga dimaksudkan agar burung tidak digigit nyamuk atau tidak memakan serangga malam yang terbang disekitar sangkar burung, sebab terkadang burung dapat mengalami kematian setelah memakan serangga malam.

Itulah perawatan cendet setelah mabung agar bisa kembali gacor dan siap untuk dilombakan. Jika cendet sudah kembali dalam top perform setelah menjalani perawatan pasca mabung tersebut, anda dapat menghentikannya dan mengembalikannya pada perawatan/ setelan harian dan setelan lomba. Sebab perawatan pasca mabung ini berbeda dengan setelan cendet menjelang lomba dan setelan harian cendet setelah lomba.

News Feed