Cara Merawat Kenari Mabung/ Rontok Bulu Agar Cepat Selesai

Cara merawat kenari mabung – Proses mabung atau moulting alias rontok bulu adalah proses alami yang tidak bisa dihindari dan pasti terjadi pada semua jenis burung, termasuk pada burung kenari. Proses kenari mabung ini idealnya terjadi satu tahun sekali, tapi tidak menutup kemungkinan juga terjadi lebih dari satu kali dalam setahun, atau malah lebih dari satu tahun hanya mengalami mabung satu kali, semua tergantung pola rawatan dan asupan pakan. Intinya semua jenis burung dan unggas pasti mengalami proses mabung alias rontok bulu.

Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara merawat kenari rontok bulu agar cepat selesai, sebab terkadang kita menemui burung yang mabung tanpa selesai-selesai yang biasa disebut dengan ciak bulu. Proses kenari rontok bulu yang benar bukan hanya sekedar rontok bulu saja, tetapi juga terjadi proses tumbuh bulu (ganti bulu baru). Kalau hanya rontok bulu saja tanpa tumbuh bulu baru itu namanya bukan mabung, tapi burung sedang terserang penyakit atau sedang stress.

 Proses mabung atau moulting alias rontok bulu adalah proses alami yang tidak bisa dihinda Cara Merawat Kenari Mabung/ Rontok Bulu Agar Cepat Selesai

Pada saat sedang mabung, burung kenari tidak sedang dalam performa yang baik, jadi anda jangan pernah melombakan burung yang sedang mabung. Burung mabung sebaiknya diistirahatkan secara full, bahkan full kerodong setiap hari, tanpa jemur, tanpa mandi, dan diberikan asupan nutrisi yang cukup, baik itu melalui pakan ataupun minuman agar proses mabung cepat selesai.

Cara merawat kenari mabung atau rontok bulu

Kesalahan dalam perawatan kenari mabung akan berdampak cukup fatal, yaitu performa kenari akan menurun, yang biasanya gacor akan menjadi tidak gacor lagi, parahnya lagi kenari bisa ngedrop dan tidak mau berkicau sama sekali. Oleh sebab itu perawatan kenari mabung sangat diperlukan, terutama untuk kenari yang masih muda yang sedang dalam tahap proses ganti bulu dewasa (ganti bulu muda menjadi dewasa).

 Proses mabung atau moulting alias rontok bulu adalah proses alami yang tidak bisa dihinda Cara Merawat Kenari Mabung/ Rontok Bulu Agar Cepat Selesai

Proses mabung burung kenari yang baik dan lancar biasanya akan selesai dalam waktu sekitar 1 bulan. Jika lebih dari 1 bulan, misalnya sampai 3 bulan baru selesai, itu tandanya proses mabung tidak normal. Penyebabnya bisa dikarenakan perawatan yang salah atau pemberian asupan nutrisi yang kurang, sehingga menyebabkan proses rontok bulu dan tumbuh bulu menjadi lebih lama.

Adapun cara perawatan kenari mabung yang benar agar cepat selesai adalah sebagai berikut:

1. Tempatkan kenari mabung dilokasi yang sepi dan tenang

Burung yang sedang mabung ibarat sedang sakit atau sedang bertapa, mumbutuhkan istirahat penuh, jadi butuh ketenangan. Jadi sebaiknya gantungkan kenari yang sedang mabung ditempat yang sepi, tenang, nyaman, dan jauh dari kegaduhan dan lalu lalang orang/ kendaraan. Karena jika terlalu ramai dan gaduh, kenari bisa stress ngedrop.

2. Kenari mabung harus full kerodong

Kenari yang sedang mabung harus selalu dalam keadaan full kerodong setiap hari, bahkan kalau bisa berikan kerodong yang agak tebal. Pembukaan kerodong hanya dilakukan pada saat pemberian pakan dan pembersihan kandang, ini bertujuan untuk menjaga kestabilan suhu didalam kandang. Tapi meskipun full kerodong setiap hari, pembersian kandang dan penggantian pakan dan minum harus tetap dijaga agar burung tidak sakit. Sebab kotoran yang lama tidak dibersihkan dan menumpuk didasar sangkar akan menjadi sarang bakteri dan menimbulkan penyakit, sebab udara yang dihirup kenari tercampur dengan bakteri dalam kotoran.

3.  Stop mandi untuk kenari mabung

Pada saat sedang mabung, sebaiknya burung kenari jangan dimandikan dulu, sebab jika dimandikan justru akan menghambat perontokan bulu lama dan menghambat pertumbuhan bulu baru, sehingga proses mabung akan menjadi lebih lama.

4. Stop jemur untuk kenari mabung

Sama halnya dengan mandi, kenari yang sedang mabung sebaiknya jangan dijemur terlebih dahulu, karena sinar matahari juga dapat menguatkan bulu, sehingga proses perontokan bulu akan lebih lama. Selain itu sinar matahari juga dapat merusak bulu-bulu jarum (bulu muda) yang sedang tumbuh.

5. Pemberian pakan berkualitas

Pakan kenari mabung harusnya pakan khusus yang mengandung nutrisi tinggi, bukan pakan harian yang biasa digunakan untuk perawatan harian. Biasanya di kios-kios burung menjual pakan khusus untuk kenari mabung yang mengandung nutrisi tinggi, sehingga dapat memenuhi asupan nutrisi kenari yang sedang mabung.

6. Berikan EF (Ekstra Fooding) untuk kenari mabung

Pemberian ekstra fooding sangatlah penting, karena sangat menentukan hasil dan menentukan berapa lama proses mabung terjadi. Jika kenari mabung tidak diberikan EF yang cukup biasanya proses mabung akan menjadi lebih lama, dan hasilnya pun akan kurang maksimal, biasanya setelah mabung performa burung akan menurun atau bahkan drop.

Ekstra fooding untuk kenari mabung yang baik adalah sayur-sayuran dan buah-buahan misalnya seperti selada, sawi hijau, sawi putih, timun, apel, dan sebagainya. Selain itu berikan pula pakan tambahan berupa kroto dan rebusan telur puyuh sebanyak 1-3 kali dalam seminggu. Ini untuk tambahan protein, karena telur puyuh dan kroto memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.

BACA JUGA: Cara perawatan lovebird mabung

Itulah pentingnya cara merawat kenari mabung/ rontok bulu agar cepat selesai, karena meskipun sederhana tapi jika anda tidak mengetahui akan berdampak buruk terhadap performa burung kenari kesayangan anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

News Feed