Pembahasan Soal KSM Matematika Terintegrasi MA 2018 Tingkat Kabupaten/Kota

0
8

Kali ini blog berbagi dan belajar akan membagikan pembahasan soal KSM Matematika Terintegrasi MA 2018 tingkat Kabupaten. KSM adalah Kompetisi Sains Madrasah yaitu olimpiade yang diadakan di lingkungan Madrasah yang mengujikan konsep (sains) dan konteks (keagamaan) yang terintegrasi dalam satu paket soal.

Mengutip dari Wikipedia, Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Kompetisi Sains Madrasah pada awalnya hanya diperuntukkan bagi siswa madrasah (ibtidaiyah, tsanawiyah dan aliyah) saja, namun sejak tahun 2016 KSM dapat diikuti pula oleh siswa yang berasal dari SD, SMP maupun SMA yang berada dibawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kali ini Pak Anang akan membagikan pembahasan untuk KSM bidang Matematika yang terintegrasi dengan Agama untuk tingkat MA / SMA. Soal KSM ini terdiri dari 25 soal pilihan ganda yang memuat integrasi antara konsep sains dan konteks keagamaan, sehingga boleh dibilang bahwa KSM ini lebih sulit dari OSN. Karena meski siswa menguasai sains, tapi jika kurang di dalam pengetahuan agama, maka akan kesulitan dalam mengerjakan soal-soal KSM. Jadi dituntut keseimbangan penguasaan antara agama dan sains.

Oke, langsung saja apabila Anda ingin mengunduh berkas PDF-nya, silahkan tekan pada tautan berikut:

Pembahasan Soal KSM Matematika Terintegrasi MA 2018 Tingkat Kabupaten/Kota

Berikut ini adalah tampilan file pembahasan soal KSM Matematika Terintegrasi MA 2018 Tingkat Kabupaten/Kota.


Download

Untuk pembahasan soal KSM, OSN dan SMART SOLUTION OSN yang lain silahkan dilihat di bagian kanan dari blog ini….

Blog ini juga menyediakan TRIK SUPERKILAT dan SMART SOLUTION untuk menghadapi SNMPTN, UNAS, KSM, dan OSN.

BACA JUGA:  Analisis Bedah Soal SBMPTN 2013 Matematika Dasar

Jadi selalu kunjungi untuk update terbarunya.

Jangan lupa untuk instal aplikasi telegram dan dapatkan update terbaru lebih cepat di channel telegram @pakanangblog. Atau klik link berikut http://t.me/pakanangblog. Terimakasih

Dapatkan update terbaru di
Facebook: http://www.facebook.com/pak.anang.blog
Telegram: https://t.me/pakanangblog
Twitter: http://twitter.com/pakanang