Olahraga Sebagai Cara Menurunkan Berat Badan

0
12
Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan – ialah suatu hal yang ilmiah dan matematis artinya Jika kita melaksanakan olahraga untuk menurunkan berat badan, maka artinya ada kalori yang dibakar selama Anda berolahraga, dan kalori itu berasal dari Lemak Visceral yang ada dalam tubuh Anda.
source : image.google.com
Bagaimana cara mengecilkan perut dalam 3 hari? Pertanyaan ini sama dengan Kapan lemak Visceral ini bisa dibakar ketika Anda berolahraga? Untuk menjawab ini kita akan membahas perihal prosedur tubuh dalam memakai kalori selama berolah raga. Pertama yang kita garis bawahi, olahraga yang memperabukan lemak ialah jenis olahraga endurance, yaitu olah raga dengan intensitas sedang, Terus Menerus, dalam waktu yang lama, bisa 45 menit sd 1,5 jam. jenis olahraga ini ibarat lari santai (joging), sepeda, senam aerobik dan renang. Saat awal olahraga (0-30 menit) tubuh hanya memperabukan Glukosa dan Glikogen tubuh untuk dijadikan kalori, jadi yang berolah raga kurang dari 30 menit yang namanya lemak di perut belum akan berkurang. Pembakaran Lemak gres akan dimulai ketika sehabis menit ke 30, itu pun kalau excercise dilakukan terus menerus. Jika Berhenti sebentar saja, maka proses pembakaran akan dimulai lagi dari Awal yaitu Glukosa dan Glikogen otot.
Berikut ini ialah tabel bagaimana jenis-jenis lemak dibakar ketika mulai menit 30 excercise : 
Dalam Grafik diatas sanggup kita lihat bahwa Lipolisis (penghancuran lemak) gres meningkat dimulai menit ke 30 dan terus meningkat sd menit ke 180.
Pada gambar diatas menawarkan bahwa Intensitas olah raga sedang juga terbukti menciptakan laju pembakaran lemak yang optimal dibandingkan dengan olah raga dengan intensitas berat ibarat lari sprint, bolakaki/ futsal, voli, bulu tangkis dll. 
Olahraga intensitas sedang sanggup juga dikatakan berolahraga di Zona 3 dan 4, apalagi tuh Dok?
Makara begini Excercise ini ada 5 zona exercise, ini menurut maximum Heart Rate (HR) (220-usia).
5 zona itu ialah : 
  1. ZONA 1. 50-60% dari max HR. Yang dirasakan: ringan. Masih bisa ngobrol panjang
  2. ZONA 2. 60-70% dari max HR. Yang dirasakan: masih bisa ngobrol dgn kalimat.
  3. ZONA 3. 70-80% dari max HR. Yang dirasakan: nafas mulai berat tp masih comfortable
  4. ZONA 4. 80-90% dari max HR.Yang dirasakan: nafas berat, bisa mengucapkan sekitar 1-2 kata saja.
  5. ZONA 5. 90-100% dari max HR. Yang dirasakan: nafas sangat terengah-engah. tidak bisa mengucapkan 1 kata pun sebab bernafasnya sudah lewat mulut. 
Caution : Saat Zona 4 dan 5, Anda harus mengenal kemampuan Anda, JANGAN DIPAKSAKAN, apalagi kalau terdapat Riwayat penyakit Jantung atau keluhan ibarat Nyeri Dada, Sesak Nafas dan Darah Tinggi.

Contoh kasus : 
Usia 30 th.
Max HR 220-30= 190
Zona 1: 95-114
Zona 2: 115-133
Zona 3: 134-152
Zona 4: 153-171
Zona 5: 172-190
Untuk mendeteksi kecepatan Heart rate ini dengan akurat Anda memang wajib mempunyai Smart Watch, yang dipakai selama berolah raga
Sekarang aplikasinya Bagaimana? 
Zona 1 itu cuma  light exercise. Efek ke kardiovaskular pelatihan minimal skali.
Zona 2 itu  disini ialah Zona dimulainya fat burning. Namun Efek ke kardiovasular masih minimal.
Zona 3 itu mulai Aerobic. Latihan di zona ini selain Fat Burning,  bisa mulai meningkatkan kapasitas endurance jantung kita.
Zona 4 ialah zona aerobic. Intense pelatihan di zona ini efeknya maksimal ke sistem kardiovaskular kita. Powernya naik. Enduracenya juga naik. Lactate threshold tubuh kita juga naik. Dan akan terus progress kalau dipertahankan latihan di zona ini.
Zona 5 ialah zona ANAEROBIK. 
Bagi yang belum terlatih. Sebaiknya jgn masuk ke zona ini.
Bagi yang sdh terlatih, zona ini ialah zona yg dilatih dengan interval training. Ingat, interval training. Tdk boleh berlama2. 
Harus dikembalikan ke zona dibawahnya gres boleh masuk lagi di zona ini. Contoh: sprint, lari pelan, sprint lagi, lari pelan. Ini akan meningkatkan kapasitas VO2max, lactate threshold  secara maksimal. Latihan intense dan rutin di zona ini, HR max kita akan naik.


Marathon, by : dr. Andy Ardiansyah Sp.OT
Kesimpulan: 
  1. Jika Anda mau olahraga yang memperabukan kalori saja,  Main lah di zona 2-3. 
  2. Jika anda mau meningkatkan kapasitas faal jantung, mainlah di zona 4 selama setidaknya 60-80% persen dari durasi latihan
  3. Jika ingin Mengecilkan Perut Anda dalam 3 hari, hingga dengan 7 hari, mainlah di zona 3 dan ingat konsep Diet minus kalori
BACA JUGA:  Kecelakaan Kerja Di Perusahaan

Contoh. Latihan 1 jam. Setidak nya 40 menitnya berada di zona 4.
Sekian Artikel Kesehatan tentang Olahraga yang bisa Menurunkan Berat Badan. Semoga ke Depannya Olahraga Anda sudah bisa menciptakan Anda lebih langsing, bugar dan sehat.