Ergonomi Dan Industri

0
11
Ergonomi ialah – proses merancang atau mengatur daerah kerja, produk, dan sistem semoga sesuai dengan orang-orang yang menggunakannya atau dalam arti lain tidak mengakibatkan pengaruh samping 
Banyak yang mengetahui istilah ergonomi K3 atau Ergonomis bahkan ergonomik dan berpikir itu ialah sesuatu yang berafiliasi dengan daerah duduk atau dengan desain kontrol dan instrumen kendaraan beroda empat – tapi sebetulnya artinya jauh lebih banyak. Ergonomi berlaku untuk desain apa pun yang melibatkan orang-orang – ruang kerja, olahraga dan rekreasi, kesehatan dan keselamatan.
Ergonomi ialah cabang ilmu yang bertujuan untuk mempelajari wacana kemampuan dan keterbatasan manusia, dan lalu menerapkan pembelajaran ini untuk meningkatkan interaksi orang dengan produk, sistem, dan lingkungannya

 Contoh Ergonomi pada design wajan 
source :image.google.com

Tujuan Ergonomi ialah untuk meningkatkan kenyamanan ruang kerja dan lingkungan untuk meminimalkan risiko cedera atau bahaya. Jadi, seiring perubahan teknologi, demikian pula kebutuhan untuk memastikan bahwa alat yang kita terusan untuk bekerja, istirahat, dan bermain dirancang untuk kebutuhan badan kita.
Mengapa Materi Ergonomi itu penting?
Di daerah kerja: Menurut Safe Work Australia, biaya ekonomi total dari cedera dan penyakit terkait pekerjaan diperkirakan mencapai $ 60 miliar dolar. Penelitian terbaru mengatakan bahwa nyeri punggung bawah ialah keanehan terkait pekerjaan yang paling umum di dunia – menghipnotis karyawan dari kantor, pekerja bangunan, pekerja refinery dan dalam kategori risiko tertinggi, pertanian.
Ergonomi bertujuan untuk membuat ruang kerja yang aman, nyaman, dan produktif dengan membawa kemampuan dan keterbatasan insan ke dalam desain ruang kerja, termasuk ukuran tubuh, kekuatan, keterampilan, kecepatan, kemampuan sensorik (penglihatan, pendengaran), dan bahkan sikap seseorang.

source :image.google.com

Dalam populasi yang lebih besar: Jumlah orang di Australia yang berusia 75 tahun ke atas diperkirakan akan meningkat dua kali lipat dalam 50 tahun ke depan. Dengan ini, peralatan, layanan dan sistem perlu dirancang untuk mengakomodasi meningkatnya kebutuhan populasi yang menua, menerapkan transportasi umum, fasilitas bangunan, dan ruang hidup.
Bagaimana cara kerja ergonomi?
Ergonomi ialah cabang ilmu pengetahuan yang relatif gres yang merayakan ulang tahun ke-50 pada tahun 1999, tetapi bergantung pada penelitian yang dilakukan di banyak bidang ilmiah lain yang lebih renta dan mapan, ibarat teknik, fisiologi dan psikologi.
Untuk mencapai desain praktik terbaik, Ergonomis memakai data dan teknik dari beberapa disiplin:
  • antropometri: ukuran tubuh, bentuk; populasi dan variasi
  • biomekanika: otot, tuas, kekuatan, kekuatan
  • Fisika lingkungan: kebisingan, cahaya, panas, dingin, radiasi, getaran sistem tubuh: pendengaran, penglihatan, sensasi
  • psikologi terapan: keterampilan, pembelajaran, kesalahan, perbedaan
  • psikologi sosial: kelompok, komunikasi, pembelajaran, perilaku.
Mungkin begitu dulu wacana definisi Ergonomi, semoga bermanfaat (HF)
BACA JUGA:  Penggolongan Atau Kategori Pekerja Menurut Hasil Medical Check Up