Preview Samsung Galaxy S6 Edge+: Menawan Dalam Performa Dan Gaya

0
11

Masih ingat tidak dengan lagu pertama The Changcuters yang dibuatkan video klipnya dan membawa mereka melanglangbuana di jagat hiburan tanah air? Itu lho yang nyanyinya ibarat ini, “Racuuuuunnn.. racuuuunnnn…!” Hah, thanks God bahwa aku dikala ini sedang menulis, bukan bikin video buat diupload ke YouTube, ga kebayang jikalau aku yang mirip Eza Gionino ngga sanggup nyanyi begini harus jadi materi bullying di Youtube. Tidak! Saya tidak berniat merebut lahannya Dijah Yellow!

Lagu Wanita Racun Dunia milik The Changcuters tadi, sangat cocok dinyanyikan oleh para penggemar gadget dikala ini. Bagaimana tidak, sedikit-sedikit keluar gadget baru, yang jikalau tidak speknya gila-gilaan dengan build quality yang mewah, maka speknya wah dengan harga yang amat terjangkau. Membuat kita goyah dan galau, masalahnya gadget yang umurnya belum sebulan koq rasanya sudah ingin diganti lagi dengan gadget yang gres dirilis dan ramai dibicarakan orang. Ganti lagi dan lagi, tak ada habisnya, seperi kita sudah dibutakan oleh gadget-gadget yang meracuni pikiran kita. Saya kutip deh penggalan lirik lagu tadi yang cocok: “Hilang logika sehatku, hilang logika sehatku, memang kamu racun!”

Istri aku pernah berkata, jikalau beli gadget jangan yang nanggung, yang flagship sekalian semoga puas dan awet, alhasil tahan digunakan setidaknya setahun. Hmmm, flagship… Kebetulan nih, Senin besok ada satu gadget kelas atas yang mulai melaksanakan rilis melalui Pre-Order di Indonesia, Samsung Galaxy S6 Edge+. Kalau disimak belakangan ini, smartphone flagship yang harganya tebal selalu dirilis dengan metode Pre-Order. Biasanya sang vendor menggandeng online marketplace dan credit card issuer untuk berpromosi. Kita sebagai konsumen sanggup mendapat banyak benefit dari promosi ini, walau bagi sebagian orang yang koceknya lebih tebal dari Nokia 3310, benefit ini sering diabaikan demi status sebagai first adopter.

Tulisan ini mengandung materi promosi Samsung Galaxy S6 Edge+ dari Lazada Indonesia
BACA JUGA:  Samsung Mulai Menciptakan Chip Untuk Amd?

Sedahsyat apa sih gadget beracun yang dirilis Samsung kali ini? Berikut ini yaitu spesifikasi resmi yang dirilis oleh Lazada:

Spesifikasi Samsung Galaxy S6 Edge +

Jaringan:
GSM / HSPA / LTE (2G, 3G, 4G)

Dimensi & Bobot:
154.4 x 75.8 x 6.9 mm & 153 g
Corning Gorilla Glass 4 back panel

Layar:
Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
5.7 inches, 1440 x 2560 pixel ( 518 ppi)
Protection Corning Gorilla Glass 4
TouchWiz UI
Curved Edge Screen

Dapur pacu:
OS Android OS, v5.1.1 (Lollipop)
Chipset Exynos 7420
CPU Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad-core 2.1 GHz Cortex-A57
GPU Mali-T760MP8
4 GB RAM
32/64/128 GB ROM

Kamera:
16 MP, 2988 x 5312 pixels, optical image stabilization, autofocus, LED flash
5 MP, 1440p@30fps, dual video call, Auto HDR
Geo-tagging, touch focus, face detection, Auto HDR, panorama
Video 2160p@30fps, 1080p@60fps, 720p@120fps, HDR, dual-video rec.

Konektivitas:
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth v4.2, A2DP, LE, apt-X
A-GPS, GLONASS, Beidou
NFC
USB microUSB v2.0, USB Host

Baterai:
Non-removable Li-Ion 3000 mAh

Spesifikasi yang nyaris tanpa cela. Dan apabila kita melihat juga beberapa foto resmi untuk perilisan produk ini, rasanya lemas sekali lutut ini. Kenapa bawa-bawa lutut? Maksudnya, racunnya sudah begitu besar lengan berkuasa menjalar ke dalam seluruh pembuluh darah di badan ini. OK, kali ini aku lebay he.. he.. Habisnya racunnya juga tak kalah lebay.

Jika melihat apa yang tertulis di atas kertas, smartphone ini tipis sekali lho, 6.9 mm saja. Selain ukuran layar yang lebih besar dari S6 Edge, ternyata S6 Edge+ juga membawa peningkatan spesifikasi dari sisi dapur pacunya. RAM yang disematkan pada Samsung Galaxy S6 Edge+ sudah berkapasitas 4 GB, tidak mau kalah dari beberapa produk flagship yang diluncurkan oleh vendor lainnya.

Review Samsung Galaxy S6 Edge +

Seiring belum dimulainya penjualan Samsung Galaxy S6 Edge+ ini, maka susah sekali mencari acuan lokal untuk bagaimana kesan dari mereka yang sudah Hands-on secara langsung. Karena ingin tau dengan hasil uji pakai secara nyata, dibanding hanya membaca spesifikasi di atas kertas saja, maka aku mencari beberapa hasil review dari sumber di luar negeri yang reputasinya baik.

BACA JUGA:  Tiga Cara Optimalkan Smartphone Ketika Liburan

Salah satunya aku kutip review dari CNET. Menurut mereka Samsung Galaxy S6 Edge+ ini mempunyai keunggulan pada sisi desain yang benar-benar berkelas, spesifikasi yang sangat mumpuni, dan daya tahan baterai yang baik. Tak lupa keberadaan sajian yang dimunculkan pada layar lengkungnya juga tentu menjadi nilai tambah tersendiri. Sementara kelemahannya ‘hanya’ terletak pada absennya slot microSD dan baterainya yang tidak sanggup dilepas. CNET juga menyatakan salah satu kelemahannya ada pada harga jualnya yang tinggi. Di blog resminya Lazada, warta mengenai harga jualnya di Indonesia masih ditutup rapat-rapat, kemungkinan harganya akan bermacam-macam sesuai dengan 3 varian kapasitas storage yang ditawarkan.

Sementara The Verge menulis bahwa Samsung Galaxy S6 Edge+ ini memenuhi segala keinginan dari sisi performa. Baterainya sanggup bertahan seharian, tidak ibarat problem yang mereka temukan sebelumnya pada Galaxy S6. Kekurangannya Samsung Galaxy S6 Edge+ berdasarkan mereka yaitu pada dikala berada dalam genggaman, tidak cukup ergonomis. Patut diketahui meskipun bab layarnya melengkung pada sisinya, namun tidak demikian dengan bab belakang smartphone ini. Daerah itu datar di semua sisinya, kurang mengikuti kontur telapak tangan manusia. The Verge menilai smartphone ini sangat manis dan menawan, namun fungsionalitasnya memang belum selevel dengan keindahannya.

Pada kesimpulan dari hasil uji pakai Samsung Galaxy S6 Edge+, The Verge menunjukkan evaluasi positif pada tiga poin berikut: desain yang menawan, performa tinggi, dan kamera yang sangat baik. Sementara evaluasi negatif mereka berikan untuk: tingginya harga jual, mudahnya bekas jari menempel, dan kurang ergonomis di tangan.

Semenjak memakai Moto X 2014 (2nd generation), aku jatuh cinta dengan frame metal. Dan frame metal pada Samsung Galaxy S6 Edge+ ini menunjukkan kenikmatan tersendiri untuk mata aku dikala melihat foto-foto resmi yang dirilis Lazada. Detail yang berada pada bab sekeliling framenya menciptakan hati ini terasa meleleh. Sampai ke aksesorisnya juga bikin ngiler semua. Elus-elus dompet deh, berharap ketebalan isinya bertambah drastis, ha.. ha..

Bagi Anda yang menilai slot memory eksternal dan baterai yang sanggup dilepas yaitu segalanya, berikut ada sedikit masukan dari aku pribadi. Kalau melihat di bab spesifikasi tertulis USB Host, kemungkinan fitur USB OTG akan tersedia pada Samsung Galaxy S6 Edge+, tips dari aku beli yang kapasitas ROM-nya 32GB saja, kemudian beli microSD 64GB dan OTG Card Reader, Anda akan menghemat banyak dengan cara ini he.. he.. Mengenai baterai, Samsung menyematkan fitur quick charging lho pada smartphone ini, sehingga dalam kondisi terburu-buru Anda cukup melaksanakan pengisian baterai sebentar saja namun sudah sanggup cukup mengisi baterai untuk aktifitas Anda selanjutnya. Kekhawatiran lain wacana baterai biasanya yaitu mengenai kondisi baterai dikala umurnya sudah usang atau sudah sering digunakan dan diisi ulang. Satu yang niscaya apabila hingga baterai Anda bermasalah, jangan ragu untuk membawanya ke Service Center. Dalam pantauan aku beberapa waktu ini, Service Center Samsung mempunyai layanan purna jual yang sangat prima dan bertanggungjawab, jumlahnya pun banyak. Sampai-sampai di kota kecil ibarat Garut, kota kelahiran saya, sudah ada Service Center resmi Samsung. Dua jempol untuk Samsung dalam hal layanan purna jualnya ini.

Buat yang berkocek tebal, dan sudah yakin mau upgrade ke smartphone yang satu ini, jangan hingga kelewatan Pre-Ordernya di Lazada mulai Senin, 24 Agustus ini. Klik di sini untuk menuju halaman Pre-Order Samsung Galaxy S6 Edge+ di Lazada. Selamat berburu!
Sumber http://www.gontagantihape.com/

BACA JUGA:  Usb Flashdisk Ini Dapat Pribadi 'Membunuh' Laptop