38 Masakan Sehat Bernutrisi Tinggi Bagi Tubuh

0
56
Ilustrasi Makanan Sehat
Ilustrasi Makanan Sehat

Sebenarnya masakan sehat yang juga rasanya yummy ada banyak. Sehingga Anda jangan ragu untuk segera memulai teladan makan yang sehat.

Mengonsumsi masakan sehat sangatlah penting, dan keuntungannya segudang. Maksud dari masakan sehat yaitu masakan yang menawarkan aneka macam nutrisi dalam jumlah yang mencukupi kebutuhan tubuh.

Berikut di bawah ini aneka macam masakan sehat yang bisa Anda konsumsi:

A. Kategori Sayuran (1-14)

Jika membahas wacana masakan sehat, sayuran hijau menjadi yang utama. Hal itu lantaran sayuran mempunyai kandungan nutrisi yang lengkap.

Jenis-jenis sayuran yang sehat untuk dikonsumsi yaitu (1) brokoli, (2) wortel, (3) tomat, (4) mentimun, (5) ubi jalar, (6) bayam, (7) bawang merah, (8) bawang putih, (9) kentang, (10) paprika merah, (11) edamame, (12) labu, (13) jagung, (14) kembang kol.

1. Brokoli

Brokoli yaitu sumber serat, vitamin K dan vitamin C yang sangat baik, dan mengandung sejumlah protein yang cukup tinggi dibandingkan dengan beberapa sayuran lainnya.

 Sebenarnya masakan sehat yang juga rasanya yummy ada banyak 38 Makanan Sehat Beserta Manfaatnya Yang Disarankan Dikonsumsi

Photo credit: Pixabay.com

Pada artikel berjudul The Many Health Benefits of Broccoli (Medicalnewstoday.com) menyebutkan banyak penelitian yang memperlihatkan bahwa peningkatan konsumsi masakan menyerupai brokoli sanggup menurunkan risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan lainnya.

Selain itu, konsumsi brokoli juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut, meningkatkan energi tubuh, dan sanggup menurunkan berat tubuh secara keseluruhan.

Penelitian pertanda mengonsumsi masakan menyerupai brokoli dalam jumlah yang tinggi (sesuai kebutuhan tubuh) telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker, terutama kanker paru-paru dan usus besar.

Brokoli mengandung folat yang diketahui sanggup mengurangi risiko kanker payudara pada wanita. Konsumsi asupan folat yang cukup juga telah diketahui peneliti bermanfaat untuk mencegah kanker usus besar, perut, pankreas, dan serviks.

Peneliti meyakini bahwa ada kemungkinan folat berperan nyata dalam produksi DNA dan RNA, serta mencegah terjadinya mutasi sel tubuh.

Konsumsi borokoli yang mengandung vitamin K sanggup meningkatkan kesehatan tulang. Dimana kekurangan asupan vitamin K telah dikaitkan dengan aneka macam persoalan pada tulang. Vitamin K bermanfaat untuk kesehatan tulang, yang kiprahnya juga sanggup meningkatkan perembesan kalsium di dalam tubuh.

Brokoli kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan penting dalam menjaga kesehatan kulit, dan melawan kerusakan kulit. Bukan hanya jeruk yang kaya akan vitamin C, brokoli juga.

Konsumsi brokoli sanggup menjaga kesehatan pencernaan dan melancarkan proses detoksifikasi alami. Dimana brokoli mengandung serat alami yang keuntungannya sanggup mencegah sembelit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sampai mencegah kanker usus besar.

Bahkan, asupan serat pada borokoli bermanfaat untuk mencegah penyakit kronis. Menurut Departemen Ilmu Penyakit Dalam dan Program Ilmu Gizi Universitas Kentucky, asupan serat telah dikaitkan dengan penurunan risiko secara signifikan pada penyakit jantung koroner, stroke, hipertensi, diabetes, obesitas, dan penyakit pencernaan tertentu.

Dari laman Alodokter.com menyebutkan banyak manfaat makan brokoli yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menciptakan terlihat abadi muda, membantu sistem pencernaan tubuh, dan menawarkan donasi untuk kesehatan tulang.

Anda bisa mengolah brokoli ini menjadi salad, mengukusnya, sampai menciptakan tumisan yang dicampur dengan materi lain (seperti daging ayam atau sayuran lainnya).

2. Wortel

Wortel kaya akan nutrisi menyerupai serat dan vitamin K. Wortel juga sangat tinggi antioksidan yang mempunyai banyak manfaat.

 Sebenarnya masakan sehat yang juga rasanya yummy ada banyak 38 Makanan Sehat Beserta Manfaatnya Yang Disarankan Dikonsumsi

Photo credit: Wikimedia.org

Pada artikel berjudul What are the health benefits of carrots? (Medicalnewstoday.com) menjelaskan bahwa wortel mengandung antioksidan yang sanggup melindungi tubuh dari kanker, vitamin A dalam wortel membantu mencegah kehilangan penglihatan.

Bukti memperlihatkan bahwa konsumsi lebih banyak sayuran kaya antioksidan menyerupai wortel, sanggup mengurangi risiko kanker dan penyakit kardiovaskular.

Wortel mengandung beta-karoten. Studi telah pertanda bahwa suplementasi beta-karoten sanggup mengurangi risiko kanker paru-paru, namun hal ini sepertinya tidak berlaku untuk para perokok.

Beta-karoten sanggup mengurangi risiko kanker usus besar, hal ini berdasarkan para peneliti yang mempelajari 893 orang di Jepang.

Sebuah studi tahun 2011 menemukan bahwa ekstrak jus wortel sanggup membunuh sel leukemia dan menghambat perkembangannya.

Wortel sangat bermanfaat untuk mata lantaran mengandung vitamin A. Kekurangan vitamin A mengakibatkan xerophthalmia, yaitu penyakit mata yang bisa merusak penglihatan normal dan menimbulkan ketidakmampuan untuk melihat dalam cahaya rendah.

Satu cangkir wortel cincang menyediakan lebih dari 100 persen dari kebutuhan rata-rata harian vitamin A yang direkomendasikan.

Wortel berperan dalam kontrol diabetes. Antioksidan dan fitokimia dalam wortel membantu mengatur kestabilan gula darah.

Wortel mengandung vitamin C, yang merupakan antioksidan penting untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit. Vitamin C sanggup mengurangi tingkat keparahan pilek atau flu.

Antioksidan Beta-karoten menciptakan wortel berwarna oranye cerah. Beta-karoten diserap di usus dan diubah menjadi vitamin A selama di pencernaan.

Ingat!! Konsumsi wortel dihentikan hiperbola atau terlalu banyak, dampaknya bisa mengakibatkan munculnya sedikit warna oranye pada kulit (walaupun ini tidak berbahaya bagi kesehatan), adapun bahayanya yang serius yaitu asupan hiperbola vitamin A sanggup menjadi racun bagi tubuh.

Orang yang sedang memakai obat-obatan yang berasal dari vitamin A, menyerupai isotretinoin / roaccutane (untuk jerawat) atau acitretin (untuk psoriasis) maka jangan mengonsumsi wortel dalam jumlah besar.


3. Tomat

Tomat biasanya dikategorikan sebagai sayuran, walaupun secara teknis yaitu buah. Tomat sarat dengan nutrisi menyerupai potasium dan vitamin C.

 Sebenarnya masakan sehat yang juga rasanya yummy ada banyak 38 Makanan Sehat Beserta Manfaatnya Yang Disarankan Dikonsumsi

Photo credit: Pxhere.com

Dari artikel berjudul Everything you need to know about tomatoes (Medicalnewstoday.com), ada banyak manfaat kandungan gizi tomat menyerupai untuk kesehatan kulit, membantu penurunan berat badan, dan menjaga kesehatan jantung.

Manfaat tomat juga membantu melindungi tubuh terhadap resiko kanker, menjaga kesehatan tekanan darah, dan mengurangi tingkat glukosa darah pada penderita diabetes.

Tomat mengandung senyawa lutein dan lycopene. Manfaatnya sanggup melindungi mata dari kerusakan ringan. Senyawa tersebut merupakan antioksidan berpengaruh yang telah terbukti sanggup melindungi mata dari kerusakan akhir cahaya, serangan katarak, dan degenerasi makula terkait usia (AMD).

Tomat yaitu sumber vitamin C dan antioksidan lain yang sangat baik. Kandungan penting ini bermanfaat untuk memerangi ancaman pembentukan radikal bebas. Radikal bebas merupakan penyebab kanker.

Tomat mengandung lycopene dan polifenol yang khasiatnya telah dikaitkan dengan pencegahan kanker prostat.

Manfaat tomat yang mengandung beta-karoten sanggup mengurangi risiko kanker usus besar. Adapun kandungan seratnya dikaitkan dengan penurunan risiko kanker kolorektal.

Kandungan serat, kalium, vitamin C, dan kolin dalam tomat, semuanya mendukung kesehatan jantung.

Tomat juga mengandung folat yang bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar homocysteine. Kadar homocysteine yang terlalu tinggi akan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Kandungan folat bekerja untuk mencegah tingginya kadar homosistein.

Tomat mengandung kadar air dan serat yang tinggi, keuntungannya sanggup menghidrasi tubuh (agar terhindar dari dehidrasi), serta menjaga kesehatan dan fungsi usus biar berjalan dengan normal. Sehingga, terkadang tomat disebut sebagai buah pencahar.

Asupan serat mempunyai tugas yang penting dalam mencegah atau mengurangi penyakit sembelit. Tapi hal ini bukan berarti Anda diperbolehkan mengonsumsi asupan serat secara berlebihan.

Tomat mengandung vitamin C, produksi kolagen di dalam tubuh bergantung pada vitamin C. Kolagen berperan penting dalam menjaga kesehatan dan tampilan pada kulit, kuku dan rambut.

Kekurangan vitamin C bisa mengakibatkan kulit gampang keriput, kendur, sampai resiko penyakit kudis.

Vitamin C juga merupakan antioksidan yang kuat, yang keuntungannya melindungi kulit dari kerusakan akhir paparan sinar matahari, polusi, dan asap.

Tomat mengandung folat yang bermanfaat selama masa kehamilan, kandungan folat berperan dalam pertumbuhan dan melindungi janin di dalam kandungan.

Tomat mengandung serat, vitamin A, vitamin C, kalsium, potasium, fosfor, protein, air.

Tomat juga mengandung nutrisi bermanfaat dan antioksidan berupa asam alpha-lipoic, lycopene, choline, asam folat, beta karoten dan lutein.

BACA JUGA:  Inilah 38 Masakan Sehat Beserta Keuntungannya Yang Disarankan Dikonsumsi

Ingat!! Jenis obat beta-blocker mengakibatkan kadar kalium meningkat dalam darah. Makanan tinggi potasium menyerupai tomat harus dikonsumsi dalam jumlah sedang (terbatas) ketika sedang dalam masa mengonsumsi obat beta-blocker.

Tomat termasuk buah/sayuran dengan paparan tingkat residu pestisida cukup tinggi, sehingga basuh tomat sebelum makan.

4. Mentimun

Mentimun rendah karbohidrat dan kalori, dan sebagian besar terdiri dari air. Mentimun mengandung sejumlah nutrisi, termasuk vitamin K.

 Sebenarnya masakan sehat yang juga rasanya yummy ada banyak 38 Makanan Sehat Beserta Manfaatnya Yang Disarankan Dikonsumsi

Photo credit: Picserver.org

Dari laman berjudul 10 Surprising Benefits Of Strawberry (Organicfacts.net) menyebutkan beberapa manfaat stroberi menyerupai menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan dan fungsi otak, menghindari tekanan darah tinggi, mencegah radang sendi, asam urat, dan penyakit kardiovaskular.

 Sebenarnya masakan sehat yang juga rasanya yummy ada banyak 38 Makanan Sehat Beserta Manfaatnya Yang Disarankan Dikonsumsi

Photo credit: Pixabay.com

Kandungan polyphenolic dan antioksidan di dalam stroberi bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah aneka macam jenis kanker, dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Stroberi mengandung antioksidan, polifenol, vitamin C, folat, potasium, magnesium mangan, dan serat makanan.

Kandungan antioksidan menyerupai flavonoid, fitokimia fenolik, dan asam ellagic, yang semuanya ada di dalam stroberi, berkontribusi penting dalam menjaga kesehatan mata.

Vitamin C yang terkandung di dalam stroberi sanggup meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menyembuhkan batuk dan pilek biasa.

Vitamin C juga merupakan antioksidan yang berfungsi dalam menetralisir radikal bebas.

Stroberi mempunyai manfaat sebagai anti-inflamasi yang sanggup meredakan peradangan dan nyeri.

Kandungan vitamin C, folat, anthocyanin, quercetin, dan kaempferol hanyalah beberapa dari banyak flavonoid dalam stroberi yang mempunyai fungsi antioksidan dan antikarsinogenik sangat baik. Bersama-sama aneka macam kandungan tersebut membentuk garis pertahanan untuk melawan kanker dan pertumbuhan tumor.

Konsumsi stroberi juga sanggup menjaga kesehatan dan fungsi otak. Vitamin C dan fitokimia dalam stroberi menetralkan imbas oksidan penyebab gangguan fungsi otak.

Stroberi kaya akan kandungan kalium dan magnesium, kedua kandungan tersebut efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh natrium dan beberapa penyebab lainnya.

Stroberi yang kaya akan serat, folat, tanpa lemak, dan tingkat antioksidan yang tinggi menyerupai vitamin C dan phytochemical, memilliki manfaat penting dalam menjaga kesehatan jantung. Konsumsi stroberi sanggup mengurangi kolesterol di arteri dan pembuluh darah.

21. Anggur

Dari laman berjudul What are the health benefits of grapes? (Medicalnewstoday.com), nutrisi dalam anggur menawarkan banyak manfaat kesehatan menyerupai mencegah penyakit jantung, kanker, tekanan darah tinggi, dan sembelit.

 Sebenarnya masakan sehat yang juga rasanya yummy ada banyak 38 Makanan Sehat Beserta Manfaatnya Yang Disarankan Dikonsumsi

Photo credit: Freegreatpicture.com

Anggur mengandung antioksidan berpengaruh dan resveratrol yang berpotensi sanggup menghambat pertumbuhan tumor di getah bening, hati, perut, payudara, usus besar, kanker kulit, dan leukemia.

Anggur juga mengandung quercetin flavonoid yang penelitian memperlihatkan bahwa kandungan tersebut sanggup membantu mencegah pertumbuhan kanker.

Penelitian lab memperlihatkan bahwa quercetin dan resveratrol sanggup melindungi jantung, mengurangi risiko atherosclerosis, dan mengatasi kolesterol jahat.

Anggur juga mengandung serat dan kalium yang mendukung kesehatan jantung. Asupan kalium yang cukup sanggup menurunan risiko stroke, mencegah hilangnya massa otot, dan menjaga kepadatan mineral tulang.

Anggur mempunyai kandungan kalium yang tinggi, yang bermanfaat dalam mengurangi imbas natrium pada penderita tekanan darah tinggi.

Anggur mengandung air dan serat, keuntungannya biar tubuh tetap terhidrasi, menjaga kesehatan usus, dan mencegah sembelit.

Anggur mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin, yang sanggup membantu menjaga kesehatan mata, meminimalisir stres oksidatif dan kerusakan pada retina, dan membantu mencegah katarak.

Rresveratrol di dalam anggur sanggup bermanfaat untuk mencegah penyakit alzheimer, mencegah osteoarthritis, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

22. Lemon

Pada artikel berjudul 15 Amazing Benefits Of Lemon (Organicfacts.net) menyebutkan bahwa lemon bemanfaat dalam pengobatan gangguan pencernaan, sembelit, nanah tenggorokan, persoalan gigi, demam, perdarahan internal, rematik, luka bakar, kegemukan, gangguan pernapasan, kolera, dan tekanan darah tinggi.

 Sebenarnya masakan sehat yang juga rasanya yummy ada banyak 38 Makanan Sehat Beserta Manfaatnya Yang Disarankan Dikonsumsi

Photo credit: Wikipedia.org

Selain itu konsumsi lemon juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut, memperkuat sistem kekebalan tubuh, membersihkan perut, dan dinilai sebagai pembersih darah.

Jus lemon sanggup mengobati pilek, flu atau demam. Kandungan di dalam lemon bekerja untuk mengatasi demam dengan cara meningkatkan keringat.

Konsumsi jus lemon sanggup bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, meminimalisir keriput dan komedo, dan secara umum menjaga kesehatan kulit tubuh.

Apabila seseorang minum jus lemon dicampur dengan air hangat dan madu, maka keuntungannya sanggup membantu mengurangi berat badan.

Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam lemon berguna untuk mengurangi persoalan pernapasan, dan menenangkan penderita asma.

Jus lemon mempunyai fungsi sebagai pembersih darah yang membantu mengobati penyakit menyerupai kolera dan malaria.

Lemon mempunyai sifat anti-bakteri yang sanggup mengatasi persoalan yang berkaitan dengan nanah tenggorokan.

Minum jus lemon sangat membantu bagi orang yang mengalami persoalan jantung, hal itu lantaran lemon mengandung potasium, keuntungannya membantu mengatasi tekanan darah tinggi, pusing dan rasa mual.

23. Mangga

Pada goresan pena berjudul 10 Health Benefits of Mangos (Care2.com) menyebutkan bahwa buah mangga sanggup bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Buah mangga mengandung tinggi serat, pektin dan vitamin C yang membantu menurunkan kadar kolesterol, khususnya LDL.

 Sebenarnya masakan sehat yang juga rasanya yummy ada banyak 38 Makanan Sehat Beserta Manfaatnya Yang Disarankan Dikonsumsi

Photo credit: Pixnio.com

Mengonsumsi mangga sanggup membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat dan menghilangkan jerawat.

Mangga sanggup bermanfaat untuk kesehatan mata. Satu cangkir mangga iris memenuhi 25 persen dari nilai harian vitamin A yang dibutuhkan, keuntungannya untuk meningkatkan penglihatan yang baik, mencegah kebutaan dan mata kering.

Penelitian telah memperlihatkan bahwa kandungan senyawa antioksidan dalam buah mangga sanggup mencegah kanker usus besar, payudara, leukemia dan prostat.

Senyawa-senyawa antioksidan tersebut berupa quercetin, fisetin, isoquercitrin, astragalin, asam galat dan methylgallat, dan enzim yang melimpah.

Kandungan serat di dalam mangga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, tapi jangan hiperbola mengonsumsi buah mangga.

Konsumsi buah mangga sanggup meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dan vitamin A yang tinggi di dalam mangga, ditambah 25 jenis karotenoid yang berbeda, sangat bermanfaat untuk memperkuat sistem imun.

24. Nanas

Pada laman berjudul 11 Amazing Benefits Of Pineapples (Organicfacts.net) menyebutkan bahwa nanas bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, pernapasan, memperkuat tulang, menyembuhkan batuk dan pilek, mengurangi peradangan, dan membantu menurunan berat badan.

 Sebenarnya masakan sehat yang juga rasanya yummy ada banyak 38 Makanan Sehat Beserta Manfaatnya Yang Disarankan Dikonsumsi

Photo credit: Wikimedia.org

Kandungan vitamin C di dalam nanas bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah ancaman paparan radikal bebas, dan mencegah sel-sel sehat bermutasi menjadi sel kanker.

Penelitian menyebutkan bahwa nanas secara eksklusif berkaitan dengan pencegahan kanker mulut, tenggorokan, dan payudara. Hal itu lantaran nanas kaya akan antioksidan, termasuk vitamin A, beta karoten, bromelain dan aneka macam senyawa flavonoid.

Kandungan di dalam nanas sanggup membantu mencegah beberapa persoalan kesehatan menyerupai sembelit, diare, sindrom iritasi usus, aterosklerosis, pembekuan darah, dan tekanan darah tinggi.

Nanas kaya akan serat yang bermanfaat untuk kesehatan jalan masuk pencernaan. Kandungan bromelain dalam nanas berguna untuk mencegah peradangan usus.

Nanas mengandung bromelain dan vitamin C yang bermanfaat untuk mengobati penyakit pernapasan, dan menghilangkan dahak atau lendir.

Nanas mengandung mangan, yang merupakan mineral juga berkontribusi dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

Gangguan kesehatan mata dan degenerasi makula mensugesti banyak orang, terutama yang lanjut usia. Kandungan beta-karoten dalam nanas sanggup membantu menghindari persoalan penglihatan ini.

Kandungan kalium di dalam nanas bermanfaat untuk membantu melancarkan sirkulasi darah, mencegah penggumpalan darah, mengurangi akumulasi plak di arteri dan pembuluh darah, sehingga mencegah kondisi berbahaya menyerupai stroke, aterosklerosis dan serangan jantung.

Konsumsi nanas sanggup meningkatkan kemampuan kognitif dan mencegah gangguan saraf menyerupai demensia dan alzheimer.

Nanas mengandung enzim proteolitik yang disebut bromelain, yang berfungsi dalam pemecahan protein kompleks dan mempunyai imbas anti-inflamasi, yang sanggup bermanfaat untuk mengurangi tanda-tanda artritis.

25. Melon

Dari artikel berjudul The Health Benefits of Melons (Livestrong.com), kandungan vitamin C di dalam melon bermanfaat dalam pertumbuhan dan pemeliharaan semua jaringan di tubuh, membantu proses penyembuhan luka, dan perbaikan tulang dan gigi.

 Sebenarnya masakan sehat yang juga rasanya yummy ada banyak 38 Makanan Sehat Beserta Manfaatnya Yang Disarankan Dikonsumsi

Photo credit: Shutterstock.com/By Kidsada Manchinda

Kandungan vitamin A di dalam melon penting untuk kesehatan gigi, kulit, tulang dan selaput lendir, menjaga kesehatan mata dengan cara mempromosikan kesehatan retina. Kurangnya vitamin A sanggup mengakibatkan lemahnya sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA:  Inilah Manfaat Mengkonsumsi Minuman Hangat Di Ekspresi Dominan Hujan, Dan 8 Resepnya

Nanas mengandung kalium yang bermanfaat dalam pemeliharaan kesehatan jantung. Mengkonsumsi jumlah kalium yang cukup sanggup menurunkan tekanan darah dan mengurangi dampak jelek masakan tinggi natrium.

26. Pir

Dari laman berjudul Everything you need to know about pears (Medicalnewstoday.com), buah pir kaya akan antioksidan penting, flavonoid, dan serat makanan. Selain itu buah pir bebas lemak dan bebas kolesterol.

 Sebenarnya masakan sehat yang juga rasanya yummy ada banyak 38 Makanan Sehat Beserta Manfaatnya Yang Disarankan Dikonsumsi

Photo credit: Pixabay.com

Mengkonsumsi buah pir sanggup membantu menurunkan berat badan, mengurangi risiko terkena penyakit jantung, kanker, hipertensi dan diabetes.

Konsumsi masakan sehat menyerupai buah pir yang kaya akan serat berguna untuk mengurangi tekanan dan peradangan di usus besar.

Buah pir kaya akan serat yang membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga mencegah Anda dari makan secara berlebihan, hal ini membantu untuk menurunkan berat badan.

Peningkatan asupan serat juga telah terbukti menurunkan kadar kolesterol, terutama LDL.

Kandungan serat dalam buah pir juga berguna untuk mencegah konstipasi, dan menjaga jalan masuk pencernaan yang sehat.

Buah pir mengandung antioksidan yang tinggi, yang berfungsi penting dalam menangkal ancaman radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh.

C. Kategori Daging dan Lainnya (27-38)

Makanan sehat kategori daging dan lainnya yaitu (27) daging sapi tanpa lemak, (28) dada ayam, (29) salmon, (30) tuna, (31) udang, (32) kacang almond, (33) chia seed, (34) kacang kenari, (35) beras merah, (36) yogurt, (37) minyak zaitun, (38) telur.

27. Daging Sapi Tanpa Lemak

Daging sapi yaitu salah satu sumber protein terbaik dan beberapa nutrisi penting lainnya. Daging sapi kaya akan kandungan vitamin B, dan mineral menyerupai zinc, fosfor, dan zat besi.

 Sebenarnya masakan sehat yang juga rasanya yummy ada banyak 38 Makanan Sehat Beserta Manfaatnya Yang Disarankan Dikonsumsi

Daging Sapi | Photo credit: Pixabay.com

Daging sapi mengandung protein yang bermanfaat untuk pertumbuhan, perkembangan, dan pembentukan tubuh.

Dari artikel berjudul Mengenal Manfaat Daging Sapi Bagi Kesehatan (Grid.id), protein sangat bermanfaat dalam perkembangan otak, selain itu protein hewani berkontribusi penting dalam membentuk massa otot tubuh.

Daging sapi kaya akan zat besi yang berperan penting dalam membantu produksi sel darah merah di dalam tubuh. Kekurangan zat besi bisa menimbulkan penyakit anemia, yang penderitanya akan merasa selalu lemas.

Kandungan zat besi juga bermanfaat untuk meningkatkan dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin B kompleks di dalam daging sapi bermanfaat untuk mengoptimalkan perkembangan sistem saraf sentra (otak), sehingga berfungsi secara maksimal.

Daging sapi mengandung selenium dan zinc yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Kandungan omega 3 dalam daging sapi bermanfaat untuk membantu mengoptimalkan fungsi jantung, hati dan sistem saraf sentra (otak).

Apabila dikonsumsi secara tidak berlebihan, kandungan lemak dalam daging sapi gotong royong bermanfaat untuk meningkatkan energi tubuh dan menjadi sumber tenaga yang sangat dibutuhkan dalam melaksanakan acara padat sehari-hari.

Daging sapi rendah lemak merupakan sumber protein dan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan daging lainnya.

Ingat!! Jika daging sapi dikonsumsi secara berlebihan, beresiko mengakibatkan penumpukan lemak dan kolesterol di dalam tubuh.

28. Dada Ayam

Dada ayam mengandung tinggi protein, serta rendah lemak dan kalori. Dari laman 13 Amazing Benefits Of Tuna Fish (Organicfacts.net) menyebutkan bahwa konsumsi ikan tuna bermanfaat untuk banyak hal penting, menyerupai menurunkan resiko penyakit kardiovaskular, menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, membantu dalam penurunan berat badan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan energi, meningkatkan jumlah sel darah merah, mencegah kanker, mencegah penyakit ginjal, mengurangi peradangan secara umum, dan untuk kesehatan kulit.

 Sebenarnya masakan sehat yang juga rasanya yummy ada banyak 38 Makanan Sehat Beserta Manfaatnya Yang Disarankan Dikonsumsi

Ikan Tuna | Photo credit: Shutterstock.com/By JIL Photo

Ikan tuna mengandung asam lemak omega-3 yang sangat tinggi, hal ini membantu mengurangi asam lemak omega-6 dan kolesterol di arteri dan pembuluh darah, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Tuna mengandung protein cukup tinggi yang bermanfaat untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh, membantu pemulihan luka dan penyakit, meningkatkan massa otot, dan meningkatkan tingkat energi.

Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam tuna akan merangsang hormon yang disebut leptin, yang mencegah konsumsi masakan secara berlebihan.

Konsumsi ikan tuna bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini lantaran tuna mengandung vitamin C, zinc, dan mangan yang baik, semuanya merupakan antioksidan alami.

Vitamin B kompleks dalam tuna bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan tingkat energi tubuh dan melindungi kulit.

Ikan tuna merupakan sumber zat besi, bersama dengan vitamin B-kompleks bermanfaat penting dalam pembentukan sel darah merah.

Ikan tuna mempunyai sifat antioksidan yang membuatnya efektif mencegah beberapa jenis kanker. Beberapa penelitian pertanda kandungan di dalam tuna sanggup mencegah kanker payudara, kanker ginjal, dan kanker usus besar berkat tingginya kandungan asam lemak omega-3.

31. Udang

Pada goresan pena berjudul Ini Manfaat Udang Sesuai Kandungan Nutrisinya (Alodokter.com) menyebutkan bahwa cukup banyak gizi yang terkandung di dalam udang menyerupai protein, kalsium, asam lemak omega 3, dan yodium. Kandungan merkuri pada udang juga termasuk rendah jikalau dibandingkan dengan masakan maritim lainnya.

 Sebenarnya masakan sehat yang juga rasanya yummy ada banyak 38 Makanan Sehat Beserta Manfaatnya Yang Disarankan Dikonsumsi

Photo credit: Pxhere.com

Udang mengandung protein tinggi yang bermanfaat untuk membentuk sel tubuh, membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, serta memproduksi enzim, hormon, dan zat kimiawi tubuh yang penting lainnya.

Udang mengandung kalsium yang cukup tinggi. Kalsium bermanfaat sangat penting untuk pertumbuhan dan menjaga tulang dan gigi, meningkatkan kinerja otot tubuh, menjaga fungsi saraf, membantu produksi hormon penting di dalam tubuh, dan membantu mengatasi persoalan tekanan darah tinggi.

Udang mengandung yodium yang merupakan salah satu zat kimiawi yang diharapkan oleh tubuh. Walau sedikit, tugas yodium juga sangat penting menyerupai untuk memaksimalkan kinerja kelenjar tiroid dalam memproduksi hormon.

Kekurangan asupan yodium mengakibatkan resiko penyakit gondok, penyakit autoimun, meningkatkan risiko beberapa jenis kanker, dan mengakibatkan ketidaksuburan.

Udang mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Kandungan asam lemak omega-3 dalam udang sanggup menekan kadar trigliserida.

Selain itu, asam lemak omega-3 juga bermanfaat untuk mencegah depresi, asma, radang sendi dan alzheimer.

Walaupun keuntungannya besar, udang mengandung kolesterol yang cukup tinggi, sehingga konsumsinya dihentikan terlalu banyak (berlebihan). Selain itu, ada potensi udang menimbulkan alergi bagi sebagian orang.

32. Kacang Almond

Dari laman Alodokter.com, kacang almond sanggup membantu menangkal aneka macam penyakit berat. Kacang almond mengandung banyak nutrisi menyerupai vitamin B, vitamin E, lemak tak jenuh, serat, kalsium, magnesium, zat besi dan zinc.

 Sebenarnya masakan sehat yang juga rasanya yummy ada banyak 38 Makanan Sehat Beserta Manfaatnya Yang Disarankan Dikonsumsi

Photo credit: Flickr.com/HealthAliciousNess

Peneliti menemukan bahwa konsumsi almond sanggup membantu mengurangi resiko kanker usus besar lantaran kandungan lemak sehat yang terkandung di dalamnya.

Konsumsi almond sanggup mengurangi kolesterol jahat. Kandungan vitamin E dalam kacang almond bermanfaat untuk menekan kolesterol, berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel darah dari kerusakan, dan mencegah penyumbatan arteri akhir kolesterol.

Beberapa penelitian menyebutkan potensi manfaat yang dimiliki kacang almond, yaitu mambantu menurunkan kadar gula darah yang tinggi, menawarkan rasa kenyang lebih lama, dan membantu menurunkan berat badan.

33. Chia Seed

Dari laman Alodokter.com, chia seed merupakan biji-bijian kecil yang berasal dari tumbuhan Salvia hispanica L. Chia seed bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan. Chia seed sanggup menciptakan orang yang mengonsumsinya sanggup mencicipi kenyang lebih lama.

 Sebenarnya masakan sehat yang juga rasanya yummy ada banyak 38 Makanan Sehat Beserta Manfaatnya Yang Disarankan Dikonsumsi

Photo credit: Flickr.com/Stacy Spensley

Chia seed mengandung asam lemak omega-3 yang sanggup menurunkan kadar trigliserida. Selain itu mengandung cukup banyak serat, kalsium, manggan, fosfor, protein, karbohidrat, zink, kalium, dan tembaga.

BACA JUGA:  Inilah 17 Manfaat Pisang Untuk Kesehatan, Pengobatan & Ibu Hamil, Dll

Chia seed mengandung serat yang cukup tinggi dan kandungan kalorinya yang cukup rendah, sehingga keuntungannya sanggup membantu menurunkan berat badan.

Kandungan serat dalam chia seed juga bermanfaat untuk membantu proses pengeluaran racun sisa metabolisme tubuh melalui feses dan empedu. Agar BAB bisa berjalan dengan lancar maka tubuh memerlukan asupan serat yang cukup.

Konsumsi chia seed bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu kandungan omega-3 yang cukup tinggi dalam chia seed bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit stroke, serangan jantung, dan penyakit jantung.

34. Kacang Kenari (Walnut)

Pada artikel berjudul 7 Benefits of Walnuts (Mercola.com) menyebutkan bahwa kacang kenari kaya akan lemak omega-3. Konsumsi kacang kenari sanggup membantu mengurangi risiko kanker prostat dan payudara.

 Sebenarnya masakan sehat yang juga rasanya yummy ada banyak 38 Makanan Sehat Beserta Manfaatnya Yang Disarankan Dikonsumsi

Photo credit: Wikimedia.org

Kacang kenari mengandung asam amino l-arginin, yang bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan jantung, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Kacang kenari mengandung beberapa antioksidan kuat, membantu mengontrol berat badan, menjaga kesehatan otak, dan membantu mengatasi diabetes tipe 2

Penelitian memperlihatkan bahwa makan hanya satu ons kacang kenari per hari sanggup menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Kacang kenari mengandung antioksidan penting yang bermanfaat untuk memerangi radikal bebas, berkontribusi dalam melindungi kesehatan jantung, dan mencegah penuaan dini.

Penelitian pertanda kandungan polifenol dalam kacang kenari sanggup membantu mencegah kerusakan hati akhir induksi kimia, dan menghambat proses oksidatif penyebab aterosklerosis.

Konsumsi kacang sehat menyerupai walnut bermanfaat untuk mencegah kegemukan, lantaran kandungan di dalamnya yang menimbulkan rasa kenyang lebih lama.

Kacang kenari mengandung sejumlah senyawa neuroprotektif, menyerupai vitamin E, folat, melatonin, lemak omega-3, dan antioksidan. Penelitian memperlihatkan bahwa konsumsi walnut sanggup mendukung kesehatan otak, mencegah ancaman stres oksidatif, dan meningkatkan fungsi kognitif.

35. Nasi Merah

Dari laman Alodokter.com, nasi merah merupakan salah satu sumber energi bagi tubuh, kandungan serat tinggi di dalam nasi merah bermanfaat untuk memperlancar buang air besar. Selain itu kandungan kalorinya yang rendah membantu untuk mengontrol kadar gula darah. Anda bisa mencoba secara perlahan mengganti beras putih menjadi beras merah.

 Sebenarnya masakan sehat yang juga rasanya yummy ada banyak 38 Makanan Sehat Beserta Manfaatnya Yang Disarankan Dikonsumsi

Nasi Merah | Photo credit: Dreamstime.com/Amarita Petcharakul

Beberapa keistimewaan nasi merah yaitu baik bagi penderita diabetes (jika dibandingkan nasi putih), mengandung antioksidan, membantu untuk mencegah berat tubuh berlebihan, dan menurunkan kadar kolesterol jahat .

Sekedar informasi, nasi merah paling sering dijadikan asupan utama bagi mereka yang sedang berdiet atau menjalani teladan hidup sehat, hal itu lantaran nasi merah mengandung serat yang cukup tinggi, mengandung vitamin dan mineral yang lebih banyak, kalori lebih rendah, dan indeks glikemik yang cukup rendah sehingga mencegah gula darah naik.

36. Yogurt

Dari laman Alodokter.com, yoghurt terbuat dari susu yang difermentasi yang mempunyai banyak manfaat kesehatan. Yogurt mengandung banyak gizi, dan sanggup membantu menjaga berat badan.

 Sebenarnya masakan sehat yang juga rasanya yummy ada banyak 38 Makanan Sehat Beserta Manfaatnya Yang Disarankan Dikonsumsi

Photo credit: Flickr.com/Veganbaking.net

Yoghurt sendiri tergolong sebagai masakan probiotik. Probiotik disebut dengan “bakteri baik” yang menawarkan manfaat kesehatan, utamanya untuk pencernaan tubuh.

Yoghurt mengandung protein hewani, aneka macam vitamin dan mineral, serta kandungan-kandungan yang umum ditemukan pada susu menyerupai kalsium, potasium, vitamin B2, B12, vitamin D, fosforus, dan magnesium.

Konsumsi yogurt bermanfaat untuk mencegah munculnya persoalan pencernaan, konstipasi, diare, dan radang usus. Hal itu lantaran yogurt mengandung probiotik yang baik bagi pencernaan.

Yoghurt mempunyai kandungan kalsium dan vitamin D yang bermanfaat untuk mencegah osteoporosis. Kandungan tersebut penting dalam pertumbuhan tulang, serta menjaga kepadatan dan kekuatan tulang.

Kandungan magnesium, selenium dan zinc di dalam yoghurt berkontribusi dalam peningkatan sistem kekebalan tubuh, biar tubuh lebih kebal dari serangan nanah dan juga mempercepat penyembuhan ketika sakit.

Konsumsi yogurt sanggup menciptakan Anda merasa kenyang, sehingga mencegah Anda dari konsumsi masakan secara berlebihan.

37. Minyak Zaitun 

Pada artikel berjudul 11 Proven Benefits of Olive Oil (Healthline.com) menyebutkan bahwa minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang sehat berupa asam lemak omega-6 dan omega-3. Namun asam lemak yang mayoritas (73%) dalam minyak zaitun yaitu lemak tak jenuh tunggal yang disebut asam oleat.

 Sebenarnya masakan sehat yang juga rasanya yummy ada banyak 38 Makanan Sehat Beserta Manfaatnya Yang Disarankan Dikonsumsi

Photo credit: Pixabay.com

Asam oleat sanggup bermanfaat untuk meredakan peradangan dan membantu menurunkan resiko kanker.

Minyak zaitun kaya akan antioksidan, vitamin E dan vitamin K. Antioksidan dalam minyak zaitun membantu melawan dan mencegah penyakit yang tergolong berbahaya, melawan peradangan, mencegah kolesterol tinggi dalam darah, dan menjaga kesehatan jantung.

Minyak zaitun bermanfaat untuk menurunkan resiko stroke. Terjadinya stroke lantaran gangguan ajaran darah ke otak. Ada banyak penelitian besar yang menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi minyak zaitun mempunyai risiko lebih rendah terkena stroke.

Penelitian menemukan bahwa minyak zaitun extra virgin sanggup bermanfaat untuk melindungi tubuh dari terkena penyakit jantung.

Kandungan dalam minyak zaitun efektif untuk mengurangi peradangan, menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat), mencegah oksidasi LDL, menjaga fungsi lapisan pembuluh darah, dan mencegah pembekuan darah yang tidak diinginkan.

Minyak zaitun sanggup membantu melawan penyakit alzheimer. Dimana beberapa penelitian memperlihatkan bahwa minyak zaitun bisa menurunkan resiko terkena penyakit alzheimer.

Minyak zaitun sanggup mengurangi resiko diabetes tipe 2. Beberapa studi observasi dan uji klinis memperlihatkan bahwa minyak zaitun jikalau dikombinasikan dengan diet Mediterania bisa mencegah ancaman diabetes tipe 2.

Antioksidan dalam minyak zaitun mempunyai sifat anti kanker, dimana fungsi antioksidan sanggup mengurangi kerusakan oksidatif akhir serangan radikal bebas, yang merupakan pemicu utama kanker.

38. Telur

Dari laman Alodokter.com, telur merupakan sumber protein terbaik, juga sumber vitamin dan mineral. Telur mempunyai kandungan protein tinggi dan kalori yang rendah, sehingga sanggup Anda pilih sebagai kudapan sehat ketika diet.

 Sebenarnya masakan sehat yang juga rasanya yummy ada banyak 38 Makanan Sehat Beserta Manfaatnya Yang Disarankan Dikonsumsi

Photo credit: Shutterstock.com/By bitt24

Ada banyak nutrisi dalam sebutir telur yaitu vitamin B, DHA dan aneka macam mineral penting berupa zat besi, zinc, fosfor, asam folat dan selenium.

Kuning telur mengandung vitamin D yang bermanfaat dalam pertumbuhan maupun memperkuat tulang dan gigi, serta membantu perembesan kalsium di dalam tubuh biar berjalan dengan optimal. Kuning telur juga mengadung kolin yang bermanfaat untuk kesehatan saraf dan otak.

Ringkasan Daftar Makanan Sehat

Kategori Sayuran:
(1) Brokoli, (2) Wortel, (3) Tomat, (4) Mentimun, (5) Ubi jalar, (6) Bayam, (7) Bawang merah, (8) Bawang putih, (9) Kentang, (10) Paprika merah, (11) Edamame, (12) Labu, (13) Jagung, (14) Kembang kol.

Kategori Buah:
(15) Apel, (16) Alpukat, (17) Pisang, (18) Jeruk, (19) Blueberry, (20) Strawberry, (21) Anggur, (22) Lemon, (23) Mangga, (24) Nanas, (25) Melon, (26) Pir.

Kategori Daging dan Lainnya:
(27) Daging Sapi Tanpa Lemak, (28) Dada Ayam, (29) Salmon, (30) Tuna, (31) Udang, (32) Kacang Almond, (33) Chia Seed, (34) Kacang Kenari, (35) Beras Merah, (36) Yogurt, (37) Minyak Zaitun, (38) Telur.

Ketahui Jenis-Jenis Makanan Kurang Sehat

Hindari sering konsumsi masakan dan minuman yang ditambahkan gula, lantaran bisa memicu resistensi insulin pada tubuh, dan menimbulkan banyak penyakit berbahaya menyerupai penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Anda perlu menghindari masakan cepat saji atau junk food. Hindari juga dari suka konsumsi kentang goreng, ayam goreng, keripik, gorengan dan semacamnya.

Hindari masakan yang mengandung kalori tinggi tapi gizinya rendah.

Referensi Lainnya: