4 Langkah Gampang Amankan Akun Facebook Anda

0
9

Ilustrasi pengguna Facebook. Foto: ReutersIlustrasi pengguna Facebook. Foto: Reuters

Adanya media umum seperti Facebook memang semakin memudahkan pengguna untuk selalu terhubung dengan teman dan keluarga. Tetapi, kadang pengguna Facebook tidak menyadari betapa banyaknya data mereka yang dimiliki oleh media umum tersebut yang mungkin rentan bocor.

Sejak merebaknya skandal kebocoran data pengguna yang juga melibatkan perusahaan analisis data Cambridge Analytica, Facebook terus mengedepankan keamanan data penggunanya. Facebook juga mempunyai beberapa fitur yang sanggup dimanfaatkan oleh penggunanya untuk mengamankan data pribadinya.

Berikut ialah beberapa tips dan trik yang dianjurkan Facebook kepada penggunanya untuk mengamankan datanya:

1. Lakukan Pemeriksaan Keamanan secara rutin

Pemeriksaan Keamanan akan membantu pengguna untuk meninjau dan menambah keamanan akun pengguna. Pemeriksaan Keamanan mempunyai beberapa fungsi yaitu, mengeluarkan akun Facebook dari aplikasi dan browser yang sudah tidak digunakan, mendapat notifikasi kalau seeorang ingin mengakses akun pengguna dari perangkat yang tidak dikenali, dan mempelajari cara melindungi kata sandi pengguna.

2. Aktifkan fitur keamanan ekstra Facebook

Fitur autentikasi dua faktor merupakan salah satu fitur terbaik industri dalam memperlihatkan keamanan ekstra bagi pengguna layanan internet. Dengan metode autentikasi ini, setiap pengguna ingin masuk ke akunnya memakai perangkat baru, Facebook akan memperlihatkan notifikasi atau email yang berisi arahan khusus untuk menuntaskan proses masuk ke Facebook.

Pengguna Facebook sanggup mengaktifkan autentikasi dua faktor melalui bab Keamanan dan Info Login di Pengaturan.

3. Tinjau aplikasi apa saja yang terhubung dengan akun anda

Pengguna yang sering memakai opsi “Masuk dengan Facebook” untuk mengakses aplikasi lain harus secara terpola meninjau aplikasi yang terhubung dengan akun Facebook-nya. Tinjauan rutin ini akan membantu pengguna untuk memastikan akun Facebook-nya hanya dihubungkan ke aplikasi yang dipercaya dan dipakai secara rutin.

BACA JUGA:  Cara Menampilkan Konten GIF Di Always On Display Samsung


Untuk meninjau aplikasi yang terhubung dengan akun Facebook, pengguna sanggup mengunjungi halaman Pengaturan Aplikasi dan Website. Di halaman ini, pengguna juga sanggup menghapus aplikasi yang sudah tidak dipakai lagi.

4. Cari tahu wacana Log Aktivitas anda

Log Aktivitas ialah fitur Facebook yang mencatat semua acara yang dilakukan pengguna secara kronologis, dimulai dari yang paling baru. Aktivitas yang disimpan termasuk postingan yang anda sukai, postingan yang anda komentari, undangan teman yang anda terima, kawasan yang anda singgahi atau foto wacana anda, dan lain-lain.

Sebaiknya, pengguna meninjau Log Aktivitasnya secara rutin, sehingga kalau ada acara yang dinilai mencurigakan sanggup dideteksi dengan cepat. Pengguna sanggup menemukan Log Aktivitas di pojok kanan bawah foto sampulnya.

Sumber detik.com