Flash Drive Setipis Kertas

0
26

Sekelompok ilmuwan tengah menyebarkan sebuah perangkat penyimpanan yang bentuknya menyerupai dengan secarik kertas post-it. Tak hanya mirip, deviceyang dijuluki dataSTICKIES ini juga mempunyai kemampuan yang unik.

Mengutip laman Daily Mail, berbeda dengan USB Flash Drive pada umumnya, dataSTICKIES mempunyai kemampuan mentransfer data hanya dengan cara menempelkannya di bab depan komputer atau perangkat lainnya melalui perekat khusus.


Layaknya kertas post-it, kertas tipis berupa drive mini ini juga bisa disusun bertumpuk dan cukup dikelupas dikala akan digunakan. dataSTICKIES sendiri terbuat dari material yang disebut graphene, materi konduktif super-kuat yang dilapisi atom karbon.


Perangkat inovatif tersebut dikembangkan oleh desainer berjulukan Aditi Singh dan seorang profesor Universitas Parag Anand dari New Delhi, India. “dataSTICKIES yaitu konsep desain graphene berbasis flash drive yang sanggup menggantikan data yang disimpan di USB flash drive di masa depan,” kata Singh.


Perangkat khusus dengan perekat sensitif ini, lanjut Singh, sanggup dipakai kembali tanpa meninggalkan bekas menyerupai meletakkan notes di komputer. Permukaan atasnya pun sanggup ditulis dan jika file diberikan kepada seseorang, selembar data sanggup dibagi kepada orang lain dengan lebih gampang ketimbang memakai sistem USB.


dataSTICKIES rencananya akan dijual dalam aneka macam ukuran berbeda, dari mulai kapasitas 2 GB sampai 32 GB. Saat ini teknologi canggih itu masih terus dikembangkan dan diperlukan bisa menggantikan fungsi USB flash drive konvensional.

BACA JUGA:  'Game Of Thrones' Paling Bajakan Tv-Show 2015