Sensor Canggih Dapat Memakai Sinar Laser Karet

0
25

Laser biasanya menyulap gambar dari perangkat besar dengan cermin dalam yang bersinar sinar koheren keluar salah satu ujungnya. Namun, para ilmuwan dari Universitas Kent telah menciptakan model itu hanya sepotong datar LCE melar (elastomer kristal cair) Film. Bahan yang menyerupai versi karet dari kristal cair yang dipakai dalam menampilkan dan sering dipakai untuk membuat otot buatan. Ketika dipukul dengan sumber sinar laser sederhana, film menghasilkan sinar laser gres yang mengubah frekuensi dikala gaya diterapkan. Itu saja sudah keren (untuk orang laser), tapi materi gres mungkin juga menghasilkan kelas gres sensor yang sanggup mengukur kekuatan dengan akurasi ekstrim dan relay hasil melalui kabel serat optik.

Para ilmuwan membuat sepotong khusus merdu kaca-terbungkus LCE materi untuk “bouncing” sinar laser internal, dalam banyak cara yang sama bahwa cermin di laser biasa. Ketika faktor-faktor menyerupai ketegangan dan suhu perubahan diperkenalkan, frekuensi laser LCE sanggup disetel antara 370-705 nanometer, yang meliputi sebagian besar kisaran cahaya tampak. Yang membuatnya berkhasiat sebagai laser fine-tuned, tetapi juga sanggup menghasilkan kelas gres sensor.

“Pada prinsipnya, itu sanggup dimasukkan ke dalam sepatu, untuk mengukur tegangan geser pada kaki diabetes, dan itu sanggup diinterogasi oleh serat optik, sebuah pulsa cahaya sanggup dikirim dalam serat, dan warna cahaya kembali dari emisi laser yang akan membawa info perihal ketegangan, “kata Kent memimpin penelitian Dr Peter Plaffy-Muhoray. Hal ini juga sanggup dipakai untuk mengukur stres dan tekanan pada objek remote memakai jaringan kabel optik – memperlihatkan insinyur cara gres untuk mendeteksi kekuatan abnormal pada infrastruktur kritis,misalnya.

Sumber: Nature

BACA JUGA:  Cara Menciptakan Tombol Back To Top Sederhana Dengan HTML