Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

0
73

Pantangan Makanan Bagi Ibu Hamil Saat Berbuka Puasa

Pantangan Makanan Bagi Ibu Hamil Saat Berbuka Puasa

Pada saat berada di masa kehamilan, wanita akan mengalami beberapa perubahan hormone dan perubahan metabolisme dalam tubuh. Nah, bagi anda yang berpuasa pada saat hamil sebaiknya anda melakukan. Nah, pada saat berpuasa di masa kehamilan pastikan anda tidak mengkonsumi makanan ibu hamil saat berbuka puasa berikut ini.

  1. Teh Herbal

Pada saat hamil, pastikan anda menghindari konsumsi teh herbal yang diramu dengan daun chamomile, rosemary atau raspberry pada saat berbuka puasa. Walaupun teh herbal mungkin menyehatkan, namun bagi ibu hamil yang melakukan puasa sifatnya dapat berubah menjadi berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan karena dapat mengakibatkan kontraksi. 

  1. Susu dan Keju Tanpa Pasteurisasi

Makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil pada saat berbuka puasa selanjutnya adalah, susu mentah atau keju yang bersifat lunak seperti keju feta, blue cheese, Roquefort, camembert dan brie.

Hal ini karena keju lunak dibuat dari keju yang tidak dipateurisasi yang akan menyebabkan adanya infeksi bakteri listeria yang berbahaya bagi ibu hamil dan janinnya. 

  1. Makanan dengan Zat Pewarna

Pada saat berbuka puasa, pastikan ibu hamil tidak memakan makanan yang mengandung zat pewarna. Misalnya seperti es buah dengan menggunakan sirup yang memiliki warna. Pastikan makanan atau minuman yang di makan pada saat berbuka puasa tidak mengandung zat rhodamin dan metanil yellow.

  1. Hindari Makanan yang Terlalu Manis

Makanan dan minuman yang harus dihindari oleh ibu hamil pada saat berbuka puasa yang selanjutnya adalah makanan yang terlalu manis. Walaupun pada saat berbuka puasa sangat dianjurkan untuk berbuka dengan yang manis-manis.

Namun, bagi ibu hamil makanan yang terlalu manis tidakah baik. Hal ini karena minuman atau makanan yang mengandung kandungan gula yang tinggi akan mengakibatkan adanya risio diabetes gestasional, preeclampsia dan obesitas pada ibu dan janin. 

  1. Makanan Cepat Saji

Makanan  yang harus dihindari ibu hamil saat berbuka puasa selanjutnya adalah makanan cepat saji. Misalnya makanan cepat saji yang terbuat dari bahan dasar daging dan sayur atau selada yang mungkin sudah tidak segar dan mengandung bakteri yang berbahaya bagi ibu hamil dan janinnya.

BACA JUGA:  Cara Ubah Font WhatsApp Untuk Ponsel Android

Selain itu, mengkonsumsi makanan cepat saji seperti mie instan pada saat berbuka puasa juga harus dihindari oleh ibu hamil karena mangandung MSG yang berlebihan yang dapat mengganggu saraf Janis dan memicu adanya gangguan saraf pada saat bayi baru lahir.

  1. Frozen Food

Selain makanan cepat saji, pastikan juga ibu hamil menghindari makanan dingin atau frozen food yang mengandung banyak garam. Ibu hamil dilarang mengkonsumsi garam secara berlebihan. 

  1. Hindari Buah Pemicu Asam Lambung

Hindari buah pemicu asam lambung pada saat berbuka puasa bagi ibu hamil. Beberapa jenis buah yang dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil antara ain adalah nanas, nangka, cempedak, dan durian yang dapat meningkatkan asam lambung penyebab diare dan mengandung banyak gas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.