Menu Buka Puasa dan Sahur untuk Orang Diet

Diposting pada

Menu Buka Puasa dan Sahur untuk Orang Diet Sehat & Aman

Bagi anda yang sedang melakukan program diet berikut tips menu buka puasa untuk orang diet yang dapat anda konsumsi selama berpuasa.

  1. Kombinasi Antara Karbohidrat Kompleks dan Air Putih

Bagi anda yang sedang melakukan program diet selama berpuasa, pastikan anda mengkonsumsi air putih sebanyak-banyaknya karena pada saat berpuasa anda akan kehilangan banyak cairan.

Untuk menu makanannya, pastikan anda mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Anda bisa membuat menu buka puasa untuk orang diet seperti kacang-kacangan dan biji-bijian yang kaya akan karbohidrat.

  1. Tidak Masalah Konsumsi Daging Sapi

Banyak orang yang beranggapan bahwa ketika melakukan program diet untuk menurunkan berat badan, maka seseorang harus menghindari daging sapi untuk dikonsumsi. Hal ini ternyata salah, daging sapi tidak akan menaikkan berat badan anda jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat.

Anda bisa memilih daging sapi sebagai menu buka puasa untuk orang diet seperti anda. Anda bisa membuat daging sapi ini sebagai steak yang bisa dipanggang ataupun dibakar. Hal yang perlu anda perhatikan adalah bumbu yang anda gunakan. Bagi orang yang sedang diet, bumbui daging sapi dengan air lemon, merica dan garam secukupnya saja.

Selain menjadikannya sebagai steak, anda juga bisa menjadikan daging sapi ini menjadi makanan berkuah seperti rawon atau soto.

  1. Gunakan Ikan Sebagai Lauk

Ikan merupakan menu buka puasa untuk orang diet yang paling tepat, aman dan pastinya sehat. Anda bisa memillih salah satu dari jenis ikan untuk menu buka puasa andalan anda. Namun, ikan yang sangat baik untuk orang yang sedang program diet adalah ikan tuna dan salmon. Hal ini karena kedua jenis ikan ini mengandung omega 3 dan asam lemak yang mampu mengurangi kolesterol dalam darah.

Namun, pastikan anda memasaknya dengan cara yang benar. Cara memasak ikan sebagai menu buka puasa untuk orang diet dapat anda lakukan dengan cara dipanggang, direbus atau dibakar. Jika anda merasa ikan ini mahal, anda bisa menggantinya dengan ikan gurami dan ikan lainnya yang lebih murah.

  1. Ganti Nasi Putih dengan Nasi Merah

Pada saat sedang menjalankan program diet, anda memang diharuskan untuk mengurangi konsumsi nasi putih, begitu juga pada saat anda melakukan program diet ketika berpuasa.

Maka, menu buka puasa untuk orang diet yang tepat bagi anda adalah dengan mengganti konsumsi nasi putih dengan nasi merah yang memiliki manfaat membuat rasa kenyang lebih lama. Nasi putih akan lebih cepat dicerna dan mengandung kalori yang memiliki kalori dan kadar glukosa yang lebih tinggi.

Anda bisa mengkombinasikan nasi merah denagn lauk yang sehat untuk menjadi menu buka puasa untuk orang diet yang sehat dan sempurna.

  1. Konsumsi Makanan Berserat

Menu buka puasa untuk orang diet yang selanjutnya adalah makanan yang mengandung banyak serat misalnya seperti salad sayur atau salad buah. Anda bisa mengkonsumsi keduanya unutk melancarkan sistem pencernaan anda selama bulan puasa yang berisiko terkena sembelit karena kurangnya cairan dalam tubuh.

  1. Hindari Makanan dan Minuman Bersantan

Kolak merupakan takjil yang menjadi menu favorit pada saat berbuka puasa. Namun, menu buka puasa untuk orang diet ini dilarang untuk di konsumsi. Pada saat anda melakukan program diet, pastikan anda tidak menyantap menu buka puasa yang mengandung santan.

Tidak hanya kolak saja, anda sebaiknya menghindari olahan makanan yang berbahan dasar santan seperti rendang dan opor ayam yang juga merupakan menu favorit pada saat bulan ramadhan.